XL Axiata Perkuat Proyek Data Science

XL Axiata Perkuat Proyek Data Science
PT XL Axiata Tbk mengembangkan layanan Internet of Things (IOT) (Sumber: XL Axiata)

PT XL Axiata Tbk, operator layanan telekomunikasi seluler Indonesia menjalin kerja sama dengan TIBCO Software Inc, perusahaan bidang integrasi, manajemen application programming interface (API), dan analitik dalam memperkuat proyek data science.

General Manager TIBCO untuk Asia Pasifik dan Jepang Melissa Ries mengatakan, kolaborasi akan memberikan kesempatan untuk melengkapi para data scientist dengan alat yang dibutuhkan agar dapat bekerja secara efektif serta memberikan teknik dan teknologi paling inovatif untuk mengatasi berbagai persoalan data yang sedang dihadapi.

Ia mengatakan, kemitraan ini juga akan merangkul potensi cloud technology (teknologi awan) di area penyebaran spesifik proyek data science.

“Banyak perusahaan saat ini telah mengakui pentingnya analisis data dari perspektif bisnis. Hal ini membentuk dan mengubah cara mereka terlibat dengan para pelanggan agar tetap kompetitif,” katanya, Kamis, 17 Januari 2018.

Group Head Teknologi Informasi XL Axiata Keri Oetarto mengatakan, dengan bergabung TIBCO, pihaknya akan menghadirkan platform teknologi yang konsisten di berbagai unit bisnis.

“Pengalaman yang TIBCO miliki akan membantu kami dalam membangun kemampuan di bidang data science. Kolaborasi ini juga bertujuan untuk memastikan para ilmuwan data kami tetap sadar akan pesatnya gelombang pertumbuhan digital dalam perspektif regional dan global."

Baca Juga: Layanan Data XL di Klaim Telah Menjangkau 93% Total Populasi Penduduk Indonesia

Ilmuwan data XL Axiata akan dilengkapi dengan mesin komputasi canggih dan lingkungan pengembangan untuk bahasa statistik yang banyak digunakan yang didukung oleh R, Python, dan kebahasaan terkait lainnya. 

"Inisiatif ini akan memberdayakan para pengguna untuk mengimplementasikan teknologi secara lebih efisien, terutama kebahasaan dan perpustakaan, pada lingkungan di dalam infrastruktur perusahaan yang lebih luas," ujarnya.