Vale Sabet Platinum di Penghargaan Asia Sustainability Reporting

Vale Sabet Platinum di Penghargaan Asia Sustainability Reporting

PT Vale Indonesia Tbk meraih penghargaan Platinum dalam ajang Asia Sustainability Reporting (ASR) Awards 2018. Penghargaan tersebut diberikan menyusul laporan korporasi di tahun 2017 yang berjudul Sustained Commitment

“Tahun pelaporan, yaitu 2017, merupakan tahun yang penuh dinamika. Di satu sisi, harga nikel dunia mengalami gejolak namun perekonomian Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang positif. Di sisi lain, persaingan di industri nikel semakin tinggi berkat prospek bisnis yang menjanjikan di masa depan," ujar Senior Manager of Communications Suparam Bayu Aji dalam keterangan pers, 11 Desember 2018.

Dalam laporan keberlanjutan tersebut, Vale menyajikan informasi mengenai upaya-upaya konsisten perusahaan dalam menjalankan operasi berkelanjutan. Hal tersebut dilakukan melalui kegiatan produksi yang efektif dan efisien, pelestarian lingkungan, dan upaya memandirikan masyarakat di sekitar wilayah operasional, ujar Bayu.

"Kami konsisten menyelaraskan kegiatan operasional tambang dengan upaya-upaya pelestarian lingkungan dan tanggung jawab sosial, yang diimplementasikan sejalan dengan prinsip transparansi dan akuntabilitas," jelas Bayu.

ASR merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh National Center for Sustainability Reporting (NCSR). Penghargaan diberikan untuk perusahaan-perusahaan yang melaporkan upaya mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Pembangunan tersebut harus terintegrasi dengan aspek bisnis dan operasinya. 

Tahun ini, ASR diikuti oleh 56 entitas baik perusahaan BUMN, swasta, maupun perusahaan. Kriteria penilaian mengacu pada Sustainability Reporting Guideline 4.0 atau GRI-G4. 

Vale adalah perusahaan pertambangan yang berdiri tahun 1968. Perusahaan ini memiliki lokasi di penambangan seluas 190,509 hektar tersebar di Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara. Seluruh produksinya dieksport ke Jepang.