Vaksin Covid-19 AstraZeneca dari Covax Mulai Didistribusikan di Indonesia

Vaksin Covid-19 AstraZeneca dari Covax Mulai Didistribusikan di Indonesia
Ilustrasi vaksin covid-19 (Sumber: dok. jcomp via freepik)

BUMN Farmasi, Bio Farma sudah mulai mendistribusikan Vaksin Covid-19 Astrazeneca. Vaksin tersebut merupakan hasil kerja sama multilateral antara Pemerintah Indonesia dengan Covax/Gavi dan telah tiba tanggal 8 Maret 2021 lalu. 

Vaksin ini sudah mulai didistribusikan me berbagai provinsi di Indonesia sejak Sabtu, 20 Maret 2021 lalu. Menurut Head of Corporate Communication Bio Farma, Iwan Setiawan, beberapa provinsi yang telah mendapatkan Astrazeneca ini antara lain, Jawa Timur sebanyak 45.000 ribu vial, Bali dan NTT. Masing-masing provinsi mendapatkan 5.000 vial. 

Ia pun menambahkan bahwa terkait target dan rencana distribusi vaksin, wewenang sepenuhnya dipegang Kemenkes Republik Indonesia. Bio Farma hanya melakukan pendistribusian mengikuti arahan dari pemerintah. Termasuk dalam hal provinsi tujuan, jumlah bial dan kapan waktu pengirimannya.


“Bio Farma mengikuti instruksi dari Kementerian Kesehatan RI untuk pengiriman vaksin AstraZeneca ini," ujar Iwan Setiawan dalam keterangan tertulis Bio Farma, 22 Maret 2021.

Ia pun melanjutkan, di tanggal 22 Maret, pengiriman AstraZeneca kembali dilaksanakan dengan tujuan Prov DKI Jakarta, Kepulauan Riau dan Sulawesi Utara masing - masing 5.000 vial.

Astrazeneca sendiri telah dinyatakan aman oleh BPOM dan siap digunakan. Vaksin dari Inggris yang dibuat di Korea ini memiliki tingkat efikasi 62,1%. 

Baca juga: Sentra Vaksinasi Bersama BUMN untuk Lansia dan Pelayan Publik Dibuka di Semarang