Uji Emisi, Perta Arun Gas Terapkan Standar SML ISO 14001

Uji Emisi, Perta Arun Gas Terapkan Standar SML ISO 14001
Perta Arun Gas Terapkan Standar SML ISO 14001/Sumber: Pertamina

Guna pencapaian visi untuk menjadi Perusahaan Regasifikasi dan LNG Hub kelas dunia, PT Perta Arun Gas terus berkomitmen untuk menerapkan standar Sistem Manajemen Lingkungan (SML) ISO 14001. Hal itu ditunjukkan pada Pengujian Emisi Kendaraan Operasional PT Perta Arun Gas yang dilaksanakan di Kilang PAG, Lhokseumawe, baru-baru ini.

"Uji emisi ini dilakukan untuk mendeteksi kinerja mesin kendaraan dan polusi sekaligus mengetahui pencemaran udara yang disebabkan karena gas buang kendaraan bermotor dapat dikurangi. Beberapa Kendaraan Operasional yang tidak lulus uji emisi segera ditindaklanjuti oleh Fungsi terkait," ujar Ast Manager HSE PAG, Buyung Satria Permana dalam keterangan resmi, Kamis 23 Januari 2020.

Menurut Buyung Satria Permana, sistem manajemn lingkungan ini mengkhususkan pada persyaratan atas formulasi dan pemeliharaan dari SML melalui tiga komitmen dasar yang mendukung kebijakan lingkungan, antara lain Kesesuaian SML dengan undang-undang yang berlaku, Pencegahan polusi dan limbah dan Perbaikan SML yang berkelanjutan.

Dalam mewujudkan komitmen ini, Fungsi HSE & QM PAG bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kota Lhokseumawe untuk melakukan uji emisi (gas buang) kendaraan ringan operasional dan berat operasional.

"Uji emisi ini menunjukkan bahwa PAG merupakan Perusahaan regasifikasi yang terus berkomitmen untuk menjaga sistem manajemen mutu, lingkungan, dan K3LL di dalam setiap kegiatan operasionalnya," tambah Buyung.

Sebagai informasi, ISO 14001 adalah suatu standar internasional untuk Sistem Manajemen Lingkungan mendukung kebijakan lingkungan termasuk pencegahan polusi, kesesuaian dengan undang-undang yang ada, dan perbaikan berkesinambungan Sistem Management Lingkungan.

Baca juga: Perta Arun Gas Resmi Jadi Pelanggan Premium PLN