Traveloka Sebut Bali Jadi Destinasi Paling Diminati di Awal 2021

Traveloka Sebut Bali Jadi Destinasi Paling Diminati di Awal 2021
Ilustrasi Staycation (Sumber: dok. Traveloka)

Survey yang dilakukan Traveloka menyebutkan bahwa 35% dari responden yang merupakan pengguna Traveloka tertarik untuk berlibur di awal 2021. Hal ini pun diikuti dengan perubahan preferensi liburan masyarakat terkait adanya pandemi Covid-19.

Traveloka menyampaikan bahwa masyarakat kini lebih berminat berlibur ke wisata alam. Selain itu mereka memerlukan fleksibilitas pemesanan dalam perencanaan perjalanannya.

Tak hanya wisata alam yang paling diminati, staycation, wisata budaya, rekreasi dan kuliner juga menjadi daya tarik tersendiri. Hal ini sesuai dengan riset Traveloka, di mana sebanyak 72% responden menyatakan ingin mengunjungi destinasi wisata alam di luar kota tempat tinggal.

Faktor lain yang menyebabkan ketertarikan masyarakat adalah adanya libur akhir pekan atau hari besar. Terbukti bahwa staycation serta pencarian hotel, vila, dan apartemen di luar kota juga meningkat 15% dibanding akhir tahun 2020.
Lalu, destinasi wisata mana saja yang diminati masyarakat? Berikut adalah daftar tiga destinasi tersebut,

1. Bali (52%)
Bali mendominasi rata-rata pencarian sebesar 52% di aplikasi Traveloka. Pencarian untuk destinasi tersebut berupa beragam atraksi seperti pilihan akomodasi seperti hotel, vila, resort, hingga homestay di area Kuta, Seminyak, Nusa Dua, Canggu, Ungasan dan Ubud. Selanjutnya juga diikuti pilihan penerbangan, aktivitas rekreasi dan kuliner. 

Bali juga dipilih sebagai destinasi workation dikarenakan banyaknya pilihan akomodasi untuk bekerja dari hotel dan vila, juga beberapa coworking space di area Canggu.

Sementara itu, beberapa destinais wisata dan rekreasi di Bali yang paling dicari oleh pengguna Traveloka Xperience antara lain, Bali Zoo, Garuda Wisnu Kencana Cultural Park, Waterbom Bali, Toya Devasya Hot Spring Waterpark, dan Reborn Signature Wellness Spa Dewi Sri Bali Massage Treatments.

2. Daerah Istimewa Yogyakarta (37%)
Di awal tahun 2021, Yogyakarta menjadi destinasi wisata kedua yang paling banyak diminati pelanggan Traveloka. Padahal, di akhir 2020, kota ini menduduki peringkat ke-7.

Selain terkenal sebagai kota pelajar, Yogyakarta juga merupakan salah satu kota wisata populer yang ada di Indonesia. Daya tarik wisata di Yogyakarta sangat beraneka ragam mulai dari wisata kuliner, wisata budaya, wisata sejarah, hingga wisata alam yang menawarkan pemandangan eksotis. 

Adapun destinasi wisata Yogyakarta yang paling dicari pengguna Traveloka antara lain kidzooona Hartono Mall Yogyakarta, Candi Borobudur, dan Jogja Bay Waterpark.

3. Jakarta (30%)
Kota ini berada di peringkat ketiga dengan rata-rata persentase pencarian mencapai 30%. Jakarta memiliki pesona tersendiri yang menjadikannya salah satu ibu kota yang paling menarik di Asia Tenggara. Tak hanya untuk staycation dan berwisata, Jakarta juga menjadi pusat dari aktivitas bisnis dan perekonomian di Indonesia.

Banyak hal yang dapat dilakukan di Kota Metropolitan ini, seperti menikmati sensasi cita rasa internasional di restoran berkelas hingga jajanan lezat dan hemat. Pada aplikasi Traveloka, destinasi wisata dan  rekreasi yang paling dicari pengguna adalah Ancol, Faunaland, Jakarta Aquarium & Safari, Dunia Fantasi, dan J-Sky Ferris Wheel.

Baca juga: Gandeng Traveloka, Bank Mandiri Bidik Pertumbuhan Kartu Kredit 10%