Tingkatkan Literasi Keuangan Masyarakat, BCA Kembali Gelar IKF VIII 2019

Tingkatkan Literasi Keuangan Masyarakat, BCA Kembali Gelar IKF VIII 2019
Opening Ceremony IKF 2019

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) melalui BCA Learning Service kembali menggelar Indonesia Knowledge Forum (IKF) yang ke-8 di Ballroom Hotel Ritz Carlton, Pacific Place. Acara ini diselenggarakan selama dua hari mulai tanggal 8 hingga 9 Oktober 2019 dengan mengambil tema “Nurturing Mindset for The Next Era of Capital Culture”.

Misi dari penyelenggaraan acara ini tak lain adalah untuk meningkatkan literasi keuangan bagi masyarakat. 

“Indonesia, menurut riset OJK 2016, literasi keuangan itu hanya bisa diserap sekitar 29,7 persen, rendah sekali. Banyak masyarakat kita yang masih “tertinggal” atau lack of information (dalam hal literasi keuangan),” ungkap Jahja Setiaatmadja Direktur Utama BCA saat memberikan sambutan pada opening IKF 2019 (08/10).

Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani pun sepakat dengan pernyataan tersebut.

Growing middle class di Indonesia tidak diikuti oleh literasi keuangan yang memadai. Berdasarkan survei, literasi keuangan di Indonesia masih di bawah 30 persen. Sementara itu masyarakat memiliki daya tabungan yang semakin meningkat,” tutur Sri Mulyani melalui video saat pembukaan acara IKF 2019.

Baca juga: Beli Hunian dan Kendaraan Bermotor di BCA Expo 2019, Apa Untungnya?

Konsep dari IKF sendiri adalah sharing knowledge dalam bentuk seminar, diskusi panel, dan gamification. Pembicara-pembicara kompeten akan hadir dalam perhelatan ini di antaranya Victor Hartono yang merupakan COO PT Djarum Tbk, Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Bidang Kemaritiman RI dan juga Writerpreneur Raditya Dika.

Selain seminar, ada juga expo yang diikuti oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang keuangan dan perbankan, fintech, serta beberapa UKM mitra binaan BCA.

Bersamaan dengan event tersebut, BCA juga melakukan launching aplikasi Welma. Platform digital ini merupakan aplikasi wealth management yang memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi investasi.

Dengan aplikasi ini, BCA ingin menjangkau nasabah dari seluruh kalangan, “Kita ingin menjangkau semua segmen. Mulai dari yang uangnya banyak sampai pemula yang uangnya cuma 100 ribu rupiah,” ungkap Christine Setyabudhi, Senior Executive Vice President Wealth Management BCA. 

Baca juga: Laba Bersih BCA Meningkat 12,6 Persen Hingga Pertengahan 2019