Tingkatkan Kualitas Pers Indonesia, PGN Kembali Gelar Kompetisi Jurnalistik

Tingkatkan Kualitas Pers Indonesia, PGN Kembali Gelar Kompetisi Jurnalistik
PGN Gelar Kompetisi Jurnalistik 2019 (Sumber: pgn.co.id)

PT Perusahaan Gas Negara Tbk atau PGN menggelar kompetisi jurnalistik untuk yang keenam kalinya sejak dihelat pertama tahun 2014 lalu. Kompetisi jurnalistik PGN 2019 (KJPGN 2019) ini diadakan dengan misi untuk meningkatkan kualitas produk jurnalistik di Indonesia.

“Konsistensi PGN dalam menyelenggarakan KJPGN 2019 merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk mendorong kualitas produk jurnalistik dan industri pers di Indonesia,” ungkap Desima E. Siahaan, Direktur SDM dan Umum PGN dalam rilis resmi (23/09).

Acara tahunan ini mengusung tema “Peran Strategis Subholding Gas Mempercepat Pengembangan Infrastruktur dan Memperluas Manfaat Gas Bumi ke Seluruh Wilayah Indonesia". Para jurnalis dapat mengumpulkan karyanya, baik artikel maupun foto jurnalistik yang terbit mulai dari 1 Januari hingga akhir 30 November 2019, dengan batas pengumpulan terakhir pada 14 Desember 2019.

Baca juga: Ini Hasil RUPSLB PGN Terbaru

Tahun ini, perseroan melombakan berbagai karya jurnalistik yang dibagi dalam lima kategori. Kelimanya antara lain Kategori Hard News Cetak, Kategori Hard News Online, Kategori Feature News, Kategori Foto Cetak, dan Kategori Foto Online.

PGN berharap agar jurnalis-jurnalis terbaik dan andal terlahir dari kompetisi ini. Dengan begitu, karya-karya mereka dapat memberikan manfaat di bidang energi serta memberikan pemaparan terkait energi dengan cara yang konstruksif dan positif bagi masyarakat.

“PGN dapat terus berkembang dan terus menyebarluaskan manfaat energi baik gas bumi, salah satunya karena peran media massa. Inilah yang membuat kami akan terus mendukung penguatan institusi media di Indonesia untuk maju," ujar Desima.

Bagi para pemenang kompetisi tersebut, PGN telah menyediakan hadiah dengan total nilai 350 juta rupiah. Untuk penentuan pemenangnya, PGN menghadirkan juri-juri kompeten yang memang sudah berpengalaman dalam dunia jurnalistik.

Beberapa juri tersebut di antaranya, Pemimpin Redaksi Koran Tempo Budi Setyarso, Direktur Pemberitaan Bisnis Indonesia, Arif Budisusilo, Direktur Pemberitaan Beritasatu Media Holdings, Primus Dorimulu dan dan beberapa jurnalis senior lain termasuk jurnalis foto.

Dilansir dari rilis resmi perusahaan, karya jurnalis yang diikutkan lomba dapat diunggah melalui www.kompetisijurnalistikpgn.com. Melalui situs tersebut, peserta bisa mengunduh form pendaftaran dan melihat syarat dan ketentuan karya yang layak diikutsertakan.

Baca juga: PGN dan PHRI Teken Kerja Sama Pemanfaatan Gas Bumi