Tinggi Peminat, Garuda Indonesia Gandakan Frekuensi Penerbangan Jakarta-Samarinda

Tinggi Peminat, Garuda Indonesia Gandakan Frekuensi Penerbangan Jakarta-Samarinda
Pesawat GIA tipe Bombardier CRJ1000 (Sumber: bombardier.com)

Garuda Indonesia menambah frekuensi penerbangan dengan rute Jakarta ke Samarinda, Kalimantan Timur, terhitung sejak Sabtu, 6 Juli 2019. Awalnya, rute tersebut dilayani oleh 7 kali penerbangan PP dalam seminggu. Kini, maskapai Indonesia pertama yang masuk sebagai anggota SkyTeam ini menggandakan jumlah penerbangan menjadi 14 kali per minggu.

Penerbangan tambahan ini nantinya akan dilayani dengan penerbangan GA 582 dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta menuju Bandara APT Pranoto, Samarinda. Dan untuk rute sebaliknya, rute akan dilayani dengan penerbangan GA-583. Adapun armada yang akan dipergunakan adalah pesawat tipe Bombardier CRJ 1000 dengan kapasitas 96 penumpang.

Jika penerbangan yang sudah ada sebelumnya (GA-580) berangkat pukul 06.55 WIB dari Soekarno-Hatta dan tiba di APT Pranoto pukul 10.35 WITA, maka penerbangan tambahan ini dijadwalkan terbang lebih siang. GA-582 akan lepas landas dari Soekarno-Hatta pada pukul 09.10 WIB dan mendarat di APT Pranoto pukul 12.30 WITA. Untuk rute sebaliknya, pesawat dijadwalkan akan take off dari Samarinda pada pukul 14.00 WITA dan tiba di Jakarta pada pukul 14.40 WIB.

Penambahan frekuensi penerbangan tersebut dilakukan untuk meningkatkan pelayanan Garuda Indonesia untuk para pengguna jasa dengan memberikan pilihan jadwal yang lebih beragam. Selain itu, tingginya jumlah permintaan akan penerbangan rute tersebut juga menjadi alasan penambahan. Peningkatan permintaan ini disebut sebagai dampak dari potensi Samarinda sebagai market bisnis pertambangan dan pengembangan sektor pariwisata.

Baca juga: Tingkatkan Layanan, Garuda Indonesia Terus Perkuat Kerjasama Codeshare

Di sisi lain, maskapai plat merah ini juga memiliki misi untuk membantu pemerintah mengoptimalkan pasar potensial di Samarinda.

“Penambahan frekuensi rute penerbangan Jakarta – Samarinda tersebut juga sejalan dengan komitmen berkelanjutan kami untuk mendukung upaya pemerintah dalam meningkatan potensi iklim investasi dalam sektor pariwisata dan industri di Samarinda,” ungkap Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia, M.Ikhsan Rosan.

Maskapai peraih 5-Star On Time Performance Rating dari OAG Flightview ini sangat optimistis bahwa penambahan frekuensi penerbangan ini dapat meningkatkan traffic penumpang menuju Samarinda. Dengan begitu, Samarinda ke depannya bukan hanya dijadikan sebagai destinasi business traveler, tetapi juga traveler yang ingin mengeksplorasi potensi wisata Samarinda. Hingga saat ini, destinasi-destinasi wisata menarik di Samarinda yang dapat kita kunjungi di antaranya Air Terjun Tanah Merah, Air Terjun Pinang Seribu dan  Jembatan Mahakam.

Baca juga: Garuda Indonesia Raih 5 Star On Time Performance Rating dari OAG Flightview