Telkom Indonesia Raup Untung di Semester I/2019, Laba Bersih Tumbuh 27,4 Persen

Telkom Indonesia Raup Untung di Semester I/2019, Laba Bersih Tumbuh 27,4 Persen
Ilustrasi Telkom Indonesia (Sumber: telkom.co.id)

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk kembali menorehkan catatan positif terkait performa keuangannya. Perseroan dengan lebih dari 160 juta pelanggan ini melaporkan laba bersih sebesar 11,08 triliun rupiah. Angka tersebut meningkat sebesar 27,4 persen dibanding perolehan di tahun sebelumnya pada periode yang sama.

Persentase pertumbuhan laba Telkom Indonesia bahkan lebih besar dibandingkan dengan persentase pertumbuhan pendapatan. Pendapatan Telkom Indonesia sendiri meningkat sebesar 7,7 persen YoY (Year on Year). Pada semester I 2019 ini, pendapatan perseroan menembus angka 69,35 triliun rupiah.

Hal ini tentunya menjadi indikasi postif bagi perseroan karena artinya profitabilitasnya semakin baik. “Ini akan menjadi faktor penting bagi sustainability perusahaan di masa mendatang,” ungkap Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah di Jakarta (31/07).

Dilansir dari keterangan resmi perusahaan, kinerja positif Telkom Indonesia ini dipicu oleh fokusnya perusahaan pada bisnis digital. Dari sektor bisnis digital saja, Telkom membukukan pendapatan sebesar 48,29 triliun rupiah, meningkat 22, 6 persen YoY. Kontribusi bisnis digital juga meningkat menjadi 69,6% dari total pendapatan pada semester I/2019.

Jika dirinci lebih jauh, pendapatan dari bisnis digital terdiri dari pendapatan layanan konektivitas broadband sebesar 38,7 triliun rupiah dan layanan digital sebesar 9,59 triliun rupiah. Keduanya mengalami pertumbuhan masing-masing 24,4 persen dan 15,6 persen.

Baca juga: Peduli Dunia Pendidikan, Telkom Berikan Bantuan ke Sekolah di Wilayah 3T

Sementara itu, entitas anak usaha Telkom Indonesia, PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) yang fokus pada bisnis digital juga menunjukkan kinerja yang positif. Provider telekomunikasi yang memiliki pangsa pasar lebih dari 60 persen di Indonesia ini membukukan pendapatan 45,11 triliun rupiah. Dari pendapatan tersebut, didapatkan EBITDA atau (Earnings Before Interest Tax Depreciation Amortization) sebesar 24,23 triliun rupiah dan laba bersih sebesar 12,71 triliun rupiah.

Dari sisi operasional, Telkomsel memiliki 167,8 juta pelanggan dengan 66,3 persen di antaranya atau sebesar 111,2 juta merupakan pelanggan data. Lalu lintas data pun mengalami peningkatan yang cukup tajam sebesar 56 persen menjadi 2.961 petabyte.

Untuk mengembangkan infrastruktur digital, Telkomsel juga telah membangun 15.117 BTS berbasis 4G pada semester I 2019 ini. Dengan penambahan tersebut, total BTS 4G Telkomsel menjadi sebanyak 71.789 unit. Hingga saat ini, Telkomsel memiliki 204.198 unit BTS dengan 75,4 persen di antaranya adalah BTS 3G dan 4G/LTE.

“Semester I tahun 2019 menjadi milestone penting perusahaan di mana Telkom mampu menunjukkan kinerja yang semakin membaik. Kami optimis, Telkom dapat terus meningkatkan kinerjanya baik finansial maupun operasional hingga akhir tahun 2019 nanti,” tutup Ririek.

Baca juga: Pelanggan Indihome UseeTV Tembus 1.5 Juta