Telkom – Cisco Jajaki Kerjasama Strategis Bisnis Cloud

Telkom – Cisco Jajaki Kerjasama Strategis Bisnis Cloud
Telkom – Cisco Jajaki Kerjasama Strategis Bisnis Cloud/Sumber: Telkom

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melakukan penjajakan kerja sama pengembangan bisnis cloud dengan PT Cisco Systems Indonesia.

Kerja sama ditandai dengan penandatanganan Non Disclosure Agreement antara Senior Vice President Media & Digital Business Telkom, Joddy Hernady dan Director Operation - Service Provider Cisco Indonesia, Meygin Agustina yang turut disaksikan oleh Komisaris Utama Telkom Rhenald Kasali, Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah dan Direktur Digital Business Telkom, Faizal R. Djoemadi di Jakarta, Senin 25 November 2019.

Faizal R. Djoemadi mengatakan bahwa penjajakan kerja sama ini merupakan salah satu langkah Telkom untuk meningkatkan kapabilitas digital, demi mengembangkan rencana pembangunan National Digital Platform.

“Saat ini kami tengah bertransformasi menjadi digital telco yang tentunya mengharuskan Telkom untuk memiliki kapabilitas digital yang mumpuni, salah satunya diperoleh melalui skema partnership dengan mitra yang capable di bidangnya. Penjajakan kolaborasi bisnis dengan Cisco ini menjadi langkah bagi Telkom untuk mengembangkan platform digital dengan kapasitas besar, yakni National Digital Platform,” jelas Faizal dalam keterangan resmi di hari yang sama.

Menurut Faizal, rencana kerja sama antara Telkom dan Cisco mencakup penyediaan platform dan riset pengembangan cloud service. Cisco sebagai technology provider sudah memiliki multi cloud solution yang memungkinkan pelanggan untuk memperoleh teknologi private maupun public cloud yang lebih fleksibel.

Menyikapi hal ini, Meygin Agustina mengatakan bahwa kemitraan ini berperan penting bagi Telkom dan Cisco khususnya dalam industri data center dan cloud di Indonesia.

“Ini akan memberikan keuntungan baik dari sisi ekonomi dan keamanan bagi industri nasional, didukung dengan infrastruktur yang mumpuni dan sistem keamanan terpercaya,” ungkap Meygin.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat, dalam beberapa tahun ke depan layanan cloud pun juga akan mengubah lanskap industri information & communication technology (ICT), yang memungkinkan perusahaan untuk menjalankan bisnisnya dengan lebih efektif dan efisien. Perusahaan dapat fokus mengejar keuntungan bisnis dan mengembangkan peluang bisnis baru, tanpa harus membangun dan mengelola data center sendiri.

“Dengan terwujudnya National Digital Platform, semua pelaku industri bisa memanfaatkannya untuk men-deliver layanan secara digital maupun melakukan efisiensi produksi dengan teknologi digital. Hal ini menjadi komitmen Telkom untuk mendukung percepatan pembangunan masyarakat digital Indonesia,” pungkas Faizal.

Baca juga: Telkom Tingkatkan Kualitas Layanan IndiHome di Indonesia Timur