Tarif Tol Sigli – Banda Aceh Seksi 4 Masih Gratis Paska Diresmikan Presiden Jokowi

Tarif Tol Sigli – Banda Aceh Seksi 4 Masih Gratis Paska Diresmikan Presiden Jokowi
Gerbang Tol Blang Bintang (Sumber: dok. Hutama Karya)

Paska diresmikan Presiden Joko Widodo pada 25 Agustus 2020, Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Sigli – Banda Aceh Seksi 4 telah beroperasi sepenuhnya. Hingga saat ini, pihak Hutama Karya masih belum menerapkan tarif bagi pengguna jalan alias masih gratis.

“Seperti ruas tol lainnya yang baru diresmikan, perlu dilakukan masa sosialiasi terlebih dahulu sampai SK Penentuan Tarif Tol sudah dikeluarkan, itulah yang saat ini sedang kami lakukan, sehingga jika ingin melintas di Tol Sigli – Banda Aceh masih gratis,” ungkap Direktur Operasi I Hutama Karya, Suroto.

Tarif baru akan diterapkan bagi pengguna begitu Surat Keputusan (SK) Penentuan Tarif Tol oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terbit. Kendati gratis, pengguna jalan tetap harus melakukan tapping kartu tol atau uang elektronik di gardu masuk dan gardu keluar ketika hendak melintas.  

Saat ini Hutama Karya masih gencar melakukan sosialiasi baik secara online maupun offline. Banyak informasi yang harus disampaikan seperti aturan dan tata tertib berkendara di jalan tol, call center yang dapat dihubungi dan informasi lainnya.

“Mengingat ini merupakan tol pertama bagi masyarakat di Provinsi Aceh, jadi banyak hal yang perlu diedukasi,” ujar Suroto.

Dengan JTTS ruas Sigli – Banda Aceh Seksi 4 ini, pengguna jalan dari wilayah Indrapuri kini dapat melintas di ruas tol sepanjang 14 km menuju arah kecamatan Blang Bintang di Kabupaten Aceh Besar.

JTTS ruas Sigli – Banda Aceh seksi 4 ini merupakan bagian dari keseluruhan total ruas tol Sigli – Banda Aceh sepanjang 74 km yang terdiri dari 6 (enam) seksi. Jika telah tersambung sepenuhnya, tol ini dapat memangkas waktu perjalanan. Dari yang awalnya Sigli – Banda Aceh bisa ditempuh dalam 2-3 jam, dengan adanya tol ini cukup satu jam saja.

Tol Sigli - Banda Aceh secara keseluruhan nantinya akan dilengkapi dengan 7 (tujuh) Gerbang Tol (GT) dan 6 (enam) Simpang Susun (SS) atau interchange. Selain itu, tol sepanjang 74 km ini akan memiliki dua buah Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area Tipe A yang terletak di seksi 3 (Jantho – Indrapuri) KM 37 dan seksi 4 (Indrapuri – Blang Bintang) KM 54.

Baca juga: Tol Pertama di Aceh Diresmikan, Bukti Pemerataan Pembangunan