Tambah Armada, Transjakarta Siap Antar Warga Jakarta Rayakan Malam Pergantian Tahun

Tambah Armada, Transjakarta Siap Antar Warga Jakarta Rayakan Malam Pergantian Tahun
Jajaran Direksi Transjakarta sampaikan informasi terkait persiapan tahun baru.

Transjakarta mempermudah akses bagi warga Jakarta dan sekitarnya untuk menikmati berbagai acara hiburan di malam pergantian tahun dari 2019 - 2020. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta akan menghadirkan panggung hiburan bekerja sama dengan berbagai pihak.

Di malam tahun baru 2020 ini, pesta perayaan pergantian tahun digelar di beberapa titik, di antaranya Monas, Bundaran Hotel Indonesia (HI), Ancol dan TMII. Di titik-titik tersebut, dihadirkan panggung hiburan dan pesta kembang api.

Meski akan berlangsung hingga lewat tengah malam, warga DKI tidak perlu merasa khawatir terkait akses baik pergi maupun pulang dari tempat perayaan. Pasalnya, Transjakarta telah menyiapkan tambahan armada khusus untuk mempermudah akses ke titik-titik tersebut.

Taman Impian Jaya Ancol
Ancol menjadi salah satu pusat keramaian di malam pergantian tahun karena menyajikan panggung hiburan dan pesta kembang api. Memfasilitasi transportasi ke lokasi tersebut, Transjakarta menyiapkan tambahan armada, antara lain, 

  1. Shuttle Bus dengan rute JIExpo - Rusunami Bandar Kemayoran - Ancol Pintu Timur. Bus gratis ini akan beroperasi dari pukul 05.00 WIB di tanggal 31 Desember 2019 hingga pukul 23.59 di 1 Januari 2020.
  2. Untuk menjangkau JIExpo, Transjakarta juga menyiapkan Bus 2C dengan rute Monas - JIExpo. Secara reguler, rute ini beroperasi dari pukul 05.00 - 22.00. Khusus pergantian tahun, 2C akan mendapatkan tambahan 2 unit bus dan beroperasi sepanjang malam. 
  3. Dari Harmoni ke Ancol, Transjakarta menyedikan rute 5A yang beroperasi 24 jam dan khusus malam pergantian tahun, jumlah armada ditambah 5 unit. 

Bundaran HI
Kawasan Bundaran HI dari mulai Dukuh Atas akan dihiasi dengan beberapa panggung hiburan. Jika ingin ke lokasi ini, Transjakarta menyiapkan beberapa alternatif rute, 

  1. Koridor 1 Blok M - Kota akan ditutup pada pukul 19.00 - 01.00 di ruas Sudirman Thamrin. Koridor 1 tetap buka dengan rute pengalihan di jam-jam tersebut. 
  2. Rute 1F dari stasiun Palmerah - Bundaran Senayan via Jalan Asia Afrika, jumlah armada ditambah sebanyak 5 unit. Bus akan beroperasi hingga pukul 02.30 dini di tanggal 1 Januari 2020.
  3. Royaltrans, layanan bus premium dengan Rute Stasiun BSD (Giant) - Stasiun MRT Fatmawati juga akan diperpanjang jam operasionalnya hingga pukul 02.30 WIB. Jumlah armada akan ditambah sebanyak 8 unit. 
  4. Royaltrans Rute Bintaro (Exchange) - MRT Fatmawati juga akan ditambah armada sebanyak 8 unit dan beroperasi hingga pukul 02.30 (sesuai rute terakhir MRT Jakarta) 

Selain penyesuaian di atas, pada dasarnya memang layanan Transjakarta di semua koridor berlangsung 24 jam, kecuali koridor 11 dan 12. 

"Pergantian tahun baru busnya ditambah hingga totalnya menjadi 183 unit bus (untuk angkutan malam hari) dari yang awalnya hanya 55 unit bus di hari biasa. Secara reguler kita udah 24 jam, hanya frekuensinya kita tambah," terang Direktur Pelayanan dan Pengembangan Transjakarta, Achmad Izzul Waro dalam acara Temu Jurnalis pada 30 Desember 2019 di Jakarta. 

Perlu diingat bahwa MRT Jakarta juga memperpanjang jam operasionalnya. Sehingga, untuk menjangkau Bundaran HI pengguna Transjakarta bisa melanjutkan perjalanan dengan MRT.

Baca juga: Fasilitasi Warga Rayakan Pergantian Tahun, MRT Beroperasi Hingga Dini Hari