Tak Perlu Kartu, Bayar KRL Bisa Pakai Smartphone dengan Aplikasi Linkaja

Tak Perlu Kartu, Bayar KRL Bisa Pakai Smartphone dengan Aplikasi Linkaja
Ilustrasi Commuter Line (Sumber: dok. KCI)

Pengguna Commuter line atau KRL dapat memakai aplikasi Linkaja untuk membayar ongkos perjalanan mulai pekan depan. Pembayaran menggunakan aplikasi dapat dilakukan di seluruh stasiun.

Danu Wicaksana, Direktur Utama Linkaja menilai bahwa penggunaan Linkaja pada moda transportasi publik merupakan terobosan terbaru yang memudahkan mobilisasi masyarakat.

"Hari ini kami senang sekali karena berhasil melakukan penggunaan uji coba di KRL Commuter Line dengan lancar,” ungkap Danu Wicaksana, Direktur Utama LinkAja saat uji coba di Stasiun Juanda (01/10).

Sampai saat ini, secara teknis telah tersedia 200 gate elektronik di 80 stasiun yang telah dilengkapi dengan scanner milik PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) untuk menerima transaksi LinkAja. Selanjutnya, PT KCI akan terus menambah jumlah gate elektronik ini hingga mencapai 400 gate.

Baca juga: Bolehkah Bawa Sepeda Saat Naik Kereta? Ini Aturan dari KAI

Untuk bisa membayar Commuter line dengan Linkaja, pengguna harus memastikan bahwa saldo di aplikasi tidak kurang dari 13 ribu rupiah. Selanjutnya, pelanggan hanya perlu scan kode yang muncul saat menggoyangkan smartphone di gate. Pastikan bahwa aplikasi Linkaja dalam keadaan terbuka.

Setibanya di stasiun kedatangan, pelanggan cukup melakukan hal serupa. Saldo Linkaja akan otomatis terpotong sesuai tarif yang berlaku sesuai jarak tempuh.

Menteri BUMN Rini Soemarno pun mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh Linkaja dan Commuterline. Hal ini ia ungkapkan saat menghadiri uji coba transaksi dengan LinkAja di Stasiun Juanda (01/10).

“BUMN terus saya dorong untuk meningkatkan pelayanan yang terbaik buat masyarakat terutama pengguna jasa transportasi kereta api. Kita sudah punya LinkAja, dan ini yang kita sinergikan untuk menjadikan ini sebagai sarana pembayaran baru bagi pengguna KRL,” ungkap Menteri Rini.

Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia, Wiwik Widayanti menyampaikan bahwa penggunaan Linkaja sebagai alat pembayaran memberikan lebih banyak opsi bagi pelanggan.

“Ini juga merupakan inovasi teknologi terkini dari sistem tiket elektronik KRL Commuter Line, setelah dapat menerima Kartu Multi Trip (KMT), kini sistem e-ticketing kami juga dapat diakses dengan scan QR Code," terangnya.

Baca juga: KCI Tambah Jadwal Perjalanan KRL Lintas Jakarta Kota-Tanjung Priok