Tahun Ini, Elnusa Anggarkan Capex Rp1,4 Triliun

Tahun Ini, Elnusa Anggarkan Capex Rp1,4 Triliun
Ilustrasi, Logo Elnusa/Sumber: Elnusa

Tahun ini, PT Elnusa Tbk menganggarkan belanja modal atau capital expenditure (capex) Rp1,4 triliun yang diambil dari kas internal serta pendanaan dari luar dengan opsi penerbitan surat utang. Jumlah ini naik dibanding realisasi belanja modal tahun lalu Rp705 miliar.

“Secara bertahap, skemanya bisa berupa penawaran umum berkelanjutan (PUB) dengan target pada akhir kuartal II/2020,” jelas Direktur Keuangan Elnusa Hery Setiawan dalam keterangan resmi, Selasa 18 Februari 2020.

Menurut Hery, capex akan dialokasikan untuk mendanai beberapa proyek besar antara lain infrastruktur down stream seperti depo elpiji, terminal bahan bakar minyak (BBM), dan penambahan kapasitas terminal BBM.

Tidak hanya itu, perseroan juga akan menggarap proyek fabrikasi hydraulic workover unit untuk jasa kerja ulang sumur.

Bahkan, Elnusa juga menjajaki ekspansi bisnis di luar negeri seperti Timur Tengah, Aljazair dan Vietnam di tahun ini.

“Kami merupakan market leader jasa hulu migas dan distribusi logistik di Indonesia dan pembangunan infrastruktur bisnis hilir Pertamina. Pemanfaatan belanja modal ini diharapkan dapat mendukung pertumbuhan sepanjang tahun ini,” tambahnya.

Elnusa menargetkan pertumbuhan pendapatan usaha pada Rp9,1 triliun dan laba bersih konsolidasi diharapkan tercapai di atas Rp400-an miliar di tahun 2020.

“Kami optimistis bisa mencapai target kinerja 2020 ini,” pungkasnya.  

Baca juga: Komitmen Elnusa Tingkatkan Kualitas Pendidikan