Sukseskan Transformasi BPD, Sucofindo Gandeng Asbanda dan OJK

Sukseskan Transformasi BPD, Sucofindo Gandeng Asbanda dan OJK
workshop Transformasi BPD dengan tema “Accelerating BPD’s Transformation Programs Through Digital Banking to Enhance Quality Service Excellence” di Jakarta Kamis 11 April 2019/Sumber: Sucofindo

PT Sucofindo (Persero) bersama Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), menggelar workshop Transformasi BPD dengan tema “Accelerating BPD’s Transformation Programs Through Digital Banking to Enhance Quality Service Excellence” di Jakarta Kamis 11 April 2019.

Wimran Ismaun selaku Direktur Eksekutif Asbanda mengatakan, Bank Pembangunan Daerah (BPD) perlu untuk meningkatkan mutu layanan perbankan karena hal tersebut merupakan faktor utama untuk kepuasan nasabah dan masyarakat pada umumnya.

Oleh karena itu, layanan dan tata kelola perbankan tidak dapat dipisahkan dari standardisasi yang disebut dengan sertifikasi ISO.

Baca juga: Sucofindo Raih Penghargaan Kategori Talenta Terbaik

“Kesuksesan transformasi BPD ditentukan oleh tiga hal penting. Hal pertama adalah digital banking (financial technology), selanjutnya service excellence yang merupakan prasyarat penting untuk melakukan kegiatan dalam bisnis, dan yang terakhir adalah membangun strategic human capital yang baik. Ketiga hal tersebut adalah kunci untuk meningkatkan peran BPD di dalam pembangunan ekonomi Indonesia,” tutur Toto Zurianto selaku Koordinator Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan Wilayah Timur, DKB IV OJK.

Menyikapi hal ini, Bachder Djohan Buddin, Direktur Utama PT Sucofindo mengatakan, Sucofindo siap untuk membantu BPD dalam melakukan transformasi digital melalui integritas layanan dengan pendekatan standar pelayanan prima mengacu pada standar ISO 9001 untuk mewujudkan bisnis yang sustainable.

“Sertifikasi ISO 9001 adalah bukti dari pihak ketiga terhadap konsistensi penerapan pelayanan perbankan dengan tetap menjaga kemanan data yang menjadi jiwa dari sempurnanya kualitas layanan,” dalam keterangan resmi di hari yang sama.

Baca juga: Sucofindo - Pelindo IV Hadirkan Green Port Pertama di Kawasan Indonesia Timur

Menurut Bachder, sebagai bagian pelayanan, keamanan data penting untuk dijaga karena data pribadi nasabah yang dilindungi oleh undang-undang digunakan dalam transaksi perbankan.

“Oleh karena itu, Sucofindo melalui solusi IT Security siap memberikan jaminan keamanan bagi pelanggan agar bisa berlari lebih cepat dalam menjalankan bisnisnya dan meningkatkan daya saing serta keunggulan komparatif di industri perbankan melalui proses sertifikasi ISO 27001 dan Sucofindo Omniguard sebagai basis pelindung server,” tambahnya.

Selain itu, transformasi juga membutuhkan pengembangan produk sesuai dengan kebutuhan sektor industri saat ini. Sucofindo juga memiliki jasa Collateral Management Services (CMS) atau Manajemen dan Pusat Logistik Berikat (PLB) yang selama ini banyak ditangani oleh perbankan asing untuk menjadi solusi dalam peningkatan pendapatan BPD di masa yang akan datang.