Sucofindo - GDE Kerja Sama Pengusahaan Panas Bumi

Sucofindo - GDE Kerja Sama Pengusahaan Panas Bumi
Sucofindo - GDE Kerja Sama Pengusahaan Panas Bumi/Sumber: Sucofindo

Sebagai wujud sinergi antar BUMN, PT SUCOFINDO (Persero) menandatangani perpanjangan Nota Kesepahaman dengan PT Geo Dipa Energi (Persero) (GDE) yang dilakukan oleh Direktur Utama SUCOFINDO Bachder Djohan Buddin dengan Direktur Utama Geo Dipa Energi Riki Firnandha Ibrahim di Jakarta, baru-baru ini.

Bachder menyampaikan, SUCOFINDO siap melanjutkan kerja sama yang sudah berjalan sejak tahun 2017 untuk mendukung GDE dalam pengusahaan panas bumi.

“SUCOFINDO siap melanjutkan untuk mendukung GDE yang meliputi inspeksi dan pemeliharaan pipa dan sumur, analisa laboratorium, sertifikasi, konsultansi serta kegiatan operasional lainnya untuk mendukung kelancaran pekerjaan GDE,” jelas Bachder, dalam keterangan resmi, Kamis 7 November 2019.

Menyikapi hal ini, Riki Firnandha Ibrahim menyampaikan rasa apresiasinya kepada SUCOFINDO atas kerja sama yang telah terjalin.

“Selama ini kita telah banyak terbantu oleh peran SUCOFINDO dalam proyek-proyek yang telah dikerjakan. Ke depannya, dengan mendapat dukungan dari SUCOFINDO, maka Geo Dipa Energi akan lebih besar dan juga lebih baik lagi untuk bangsa dan negara,” ujarnya.

Selaras yang diharapkan oleh Bachder bahwa melalui kerja sama yang terjalin ini, sesuai dengan kompetensi yang dimiliki, SUCOFINDO akan memberikan manfaat juga nilai tambah bagi GDE.

“Kami berharap dapat mengembangkan ruang lingkup pelayanan kami di Geo Dipa Energi sesuai dengan kompetensi kami, dapat memberikan pelayanan yang bermanfaat dan bernilai tambah bagi Geo Dipa Energi serta pada akhirnya memberikan kesuksesan bersama bagi kedua belah pihak,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Operasi Geo Dipa Energi, Dodi Herman, menambahkan, pada tahun 2020 beberapa pekerjaan yang harus dijalankan oleh GDE antara lain: pengeboran 20 sumur di Dieng dan Patuha untuk menambah kapasitas listrik 2 x 55 MW, kemudian pembangunan PLTP Dieng Small Scale dengan kapasitas 10 MW serta sudah ditunjuknya GDE sebagai Drilling Agency yang akan melakukan survey dan eksplorasi beberapa WKP sebagai penugasan pemerintah.

“Hal ini akan memerlukan dukungan dari para mitra GDE termasuk SUCOFINDO untuk pelaksanaan proyeknya,” pungkasnya.

Baca juga: Seperti Ini Bentuk Apresiasi SUCOFINDO ke Pelanggan