SUCOFINDO Dukung BPJPH, Sebagai Mitra dalam Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) di 63 Titik Se-Indonesia

SUCOFINDO Dukung BPJPH, Sebagai Mitra dalam Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) di 63 Titik Se-Indonesia
Penandatangan nota kesepahaman dilakukan oleh Direktur Utama SUCOFINDO Bachder Djohan Buddin dan Prof. Ir. Sukoso, M.Sc, Ph.D, Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama Republik Indonesiabertempat di Hotel Grand Soll Marina, Tangerang/Sumber: Sucofindo

Tangerang, 14 Agustus 2019 – PT SUCOFINDO (Persero) melakukan penandatangan kerjasama dengan Badan Penyelenggaran Jaminan Produk Halal (BPJPH). Penandatangan nota kesepahaman dilakukan oleh Direktur Utama SUCOFINDO Bachder Djohan Buddin dan Prof. Ir. Sukoso, M.Sc, Ph.D, Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama Republik Indonesia bertempat di Hotel Grand Soll Marina, Tangerang.

Penandatangan nota kesepahaman merupakan wujud dukungan SUCOFINDO dalam menjalankan amanah sesuai dengan Undang-Undang 33 tahun 2014 dalam pemastian jaminan produk halal. “SUCOFINDO sebagai BUMN akan bermitra dengan pemerintah dalam kegiatan Lembaga Pemeriksaan Halal (LPH), Pelatihan Auditor Halal dan Penyelia Halal, Pengawasan Produk Beredar dalam rangka pemastian jaminan produk dan pemastian UMKM,” kata Bachder dalam sambutannya.

“Dengan kurang lebih 63 titik layanan seluruh Indonesia, dan sejumlah seluruh fasilitas yang dimiliki SUCOFINDO ini akan dapat mendukung seluruh kegiatan jaminan produk halal di Indonesia yang dikelola oleh BPJPH,” Lanjut Bachder. Dalam menjalanakan kerjasama tersebut, SUCOFINDO telah dilengkapi dengan fasilitas Lembaga Sertifikasi Produk yang sudah di Akreditasi sesuai ISO 17065 oleh KAN, Lembaga Inspeksi yang sudah di Akreditasi sesuai ISO 17020 oleh KAN, Laboratorium Pengujian Halal yang di Akreditasi sesuai ISO 17025 oleh KAN.

Selain itu, SUCOFINDO memiliki pegawai berjumlah 4000 yang di antaranya memiliki  kompetensi auditor untuk berbagai sistem manajemen dan siap diperluas ruang lingkupnya di bidang pemeriksaan kehalalan produk.

SUCOFINDO didukung dengan 43 Laboratorium yang siap diperluas ruang lingkupnya untuk menguji produk halal. Untuk tahap pertama, SUCOFINDO akan membuka 5 layanan laboratorium halal di 5 wilayah. Bertempat di Surabaya, Semarang, Medan, Makassar dan Samarinda.

“Sebagai BUMN PT SUCOFINDO (Persero) berkewajiban untuk mendukung setiap kebijakan yang ditetapkan pemerintah, termasuk melalui BPJPH,” Jelas Bachder.

Hal tersebut selaras dengan yang disampaikan oleh Sukoso bahwa halal adalah bagian standar untuk menjawab persaingan di era global saat ini, “SUCOFINDO memiliki kesempatan dalam mendirikan pusat kajian halal atau Halal Center. Selanjutnya, seluruh proses itu nantinya akan di finalisasi oleh fatwa yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia. Berdasarkan fatwa itulah maka Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal mengeluarkan sertifikat halal dan mengeluarkan nomor registrasi halal,” kata Sukoso dalam sambutannya.

 “Di era global yang semakin kompetitif ini setidaknya kita harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Untuk menjawab hal itu, maka kita butuh standar yang salah satu standar tersebut adalah mengenai halal. Kami (BPJPH) sangat mendukung sekali pengembangan kawasan industri halal dengan memberikan One Stop Services untuk menghasilkan standar produk halal,” lanjut Sukoso.

Produk yang wajib dilakukan sertifikasi halal adalah barang dan jasa yang di antaranya makanan, minuman, kosmetik, obat, terutama bahan yang berbahan kulit. “Dalam mendukung realisasi industri halal di Indonesia dukungan dari BUMN-SUCOFINDO yang memiliki laboratorium dengan tingkat kecanggihan yang luar biasa, membuat kita harus optimis melihat ke depan bahwa kita siap bersaing.” Tutup Sukoso. 

Selain melayani Pengujian Halal Sucofindo juga memberikan layanan-layanan terbaru lainnya seperti Audit Keamanan Rantai Pasok ISO 28001, Audit SMK3, Sertifikasi Sistem Manajemen berbasis ISO, Biro Perjalanan Wisata (BPW), Lembaga Sertifikasi di Bidang Pariwisata (LSUP), Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO), Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU), dan Green Port Assesement.                                                                                                                                                                             Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO (Persero) adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. Sebagai BUMN, Pemerintah Indonesia merupakan pemegang saham utama dengan kepemilikan 95 persen.

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, assessment, konsultansi, pelatihan dan berbagai kegiatan penunjang terkait, diantaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi. 

SUCOFINDO memiliki 60 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

PT SUCOFINDO (Persero)

Iwan Eddy Himawanto

Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan

Telepon               : +62 21 798 3666

Faksimili             : +62 21 798 3888

Email                    : iwaneddy@SUCOFINDO.co.id

Mobile                  : +62.81291119163

Informasi ini tersedia di www.SUCOFINDO.co.id