Sosialisasikan Kinerja dan Layanan, PT INKA Ikuti Pameran Indonesia Railway Tech

Sosialisasikan Kinerja dan Layanan, PT INKA Ikuti Pameran Indonesia Railway Tech
Suasana Stand PT INKA (Persero dalam Indonesia Railway Tech 2019, JIExpo / Sumber: PT INKA

Dalam rangka mensosialisasikan kinerja, beragam produk serta layanan seputar transportasi di industri kereta api, PT INKA (Persero) turut serta dalam pameran Indonesia Railway Tech di Jakarta, mulai 20-22 Maret 2019.

Dalam kesempatan ini, Senior Manager Engineering PT INKA (Persero), Toto Isdarto berkesempatan menyampaikan materi dengan tema “Innovation and Sustainable in Rail Industry toward Industry 4.0”.

Di sisi lain, PT INKA juga mengajak anak dan cucu perusahaan, yakni PT IMS, PT IMST, PT IMSC, PT IMSS beserta Perusahaan Afiliasi, Rekaindo Global Jasa untuk turut serta dalam pameran yang diikuti oleh 1.100 perusahaan otomotif dan kereta api dari dalam maupun luar negeri. Dengan display produk yang ditampilkan seperti kursi penumpang kereta eksekutif, dan rem blok.

Baca juga: Sinergi WIKA, Len dan INKA dalam Bidik Pasar Afrika

Melalui keterangan resmi perusahaan, Kamis 21 Maret 2019 dijelaskan juga deretan produk yang dipamerkan melalui display miniatur berskala yang meliputi Light Rail Transit (LRT) Sumatra Selatan, Kereta Ekspor ke Bangladesh, Kereta Penumpang Stainless Steel, dan Kereta Rel Diesel Elektrik (KRDE) Bandara Minangkabau serta layout transportasi kereta api perkotaan.

Terkait Kereta Ekspor ke Bangladesh, pada 20 Januari lalu, PT INKA mulai mengirimkan kereta untuk Bangladesh Railway. Pengiriman Batch-1 ini merupakan pengiriman kereta untuk tipe BG (Broad Gauge) dengan jumlah total 15, sisanya dikirim bertahap melalui pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya sampai dengan bulan Juli 2019.

Baca juga: PT INKA Terima Prototype Penggerak Trem Listrik dari ITS

Secara keseluruhan, PT INKA memproduksi 250 kereta untuk Bangladesh Railway dengan rincian yakni 50 kereta tipe BG (Broad Gauge) dan 200 kereta tipe MG (Meter Gauge).

Selain ke Bangladesh PT INKA juga pernah memenuhi pesanan kereta ke luar negeri lainnya meliputi Power Generating Car (PGC) dan gerbong barang ke Malaysia; Well Wagon ke Singapura; Ballast Hopper Wagon (BHW) ke Thailand; Lokomotif ke Filipina; dan Blizzard Center Sills ke Australia.

Pada saat ini, PT INKA sedang melakukan penyelesaian produksi 438 kereta pesanan PT KAI  yang sampai saat ini telah terkirim 288 kereta. Adapun produk pesanan PT KAI  lainnya adalah 31 trainset Light Rail Transit (LRT), di mana setiap trainset terdapat 6 kereta yang akan di-delivery mulai pertengahan tahun 2019.