Siti Choiriana, Kartini Era Digital di Jajaran Direksi Telkom

Siti Choiriana, Kartini Era Digital di Jajaran Direksi Telkom
Siti Choiriana, Direktur Consumer Service Telkom Indonesia. Sumber: Laporan Tahunan Telkom 2018

Sebagai Direktur Consumer Service Telkom Indonesia, nama Siti Choiriana pun mulai sering terdengar dalam pemberitaan-pemberitaan terkait perusahaan telekomunikasi milik negara tersebut. Ketika diangkat menjadi Direktur berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Telkom Tahun Buku 2017 yang diselenggarakan pada 27 April 2018, Ana merupakan satu-satunya perempuan dalam jajaran direksi Telkom. 

Siti Choiriana lahir di Magetan, 28 Mei 1970. Sarjana Teknik Elektro dan Magister Manajemen Teknologi Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya ini menghabisklan hampir seluruh kehidupan kariernya di Telkom. Boleh dibilang, ia memulai kariernya dari bawah, terus menanjak hingga mencapai posisi puncak. Keberhasilannya menduduki posisi direksi di Telkom telah menginspirasi para perempuan dalam berkarier. Salah satu komentar di media sosial Ana berbunyi, “Barakallah ya bu atas amanah barunya, Kartini tangguh di era digital, we are so inspired.”

To Be Inspired is Great, To Inspire is Incredible,” adalah motto Siti Choiriana yang tertulis di akun Twitter miliknya. Memulai kariernya sebagai account manager pada tahun 1999, Ana yang dikenal memiliki etos kerja yang tinggi ini kemudian kariernya terus menanjak. Pada tahun 2007 ia diangkat menjadi General Manager Enterprise Divisi Telkom Regional V Surabaya. Setelah itu, ia pun banyak memegang posisi leader di antaranya: General Manager Enterprise Finance & Banking, Divisi Enterprise Service, Telkom, dan pada tahun 2013 diangkat menjadi Executive Vice President Divisi Enterprise Service, Telkom.

PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk dengan visi “Be the King of Digital in the Region” memiliki jutaan pelanggan. Dikutip dari Laporan Tahunan Telkom tahun 2018 tercatat pelanggan seluler sebanyak 163 juta orang, yang terdiri dari 5,4 pelanggan pascabayar dan 157,6 juta pelanggan prabayar. Untuk pelanggan mobile broadband ada 107 juta pelanggan. 

Di segmen Enterprise, Telkom menyediakan layanan ICT end-to-end solution kepada pelanggan korporasi, UKM, dan institusi Pemerintah. Di sini terdapat 1.900 pelanggan korporat, 300.416 pelanggan UKM, dan 979 pelanggan institusi pemerintah.

Di segmen Consumer, Telkom menyediakan layanan telepon tidak bergerak, TV berbayar, dan data internet kepada pelanggan retail (perumahan, apartemen, dan premium cluster). Di sini tercatat ada 11,1 juta pelanggan telepon rumah, 7,3 juta pelanggan fixed Broadband, dan 5,1 juta pelanggan IndiHome pada tahun 2018. Pada tahun 2019 pelanggan Indihome telah meningkat menjadi 7 juta, dan pada tahun 2020 ditargetkan untuk naik menjadi 8,3 juta. Pelayanan pelanggan dalam hal ini merupakan salah satu tanggung jawab yang diemban oleh peraih platinum winner anugerah Kartini BUMN 2014 ini. 

“Telkom akan selalu hadir menjadi bagian dari masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, kami akan terus berupaya dalam menyajikan produk serta peningkatan pelayanan digital yang berkualitas bagi pelanggan,” ujar Siti Choiriana dalam kesempatan peresmian Plasa Telkom Digital Yogyakarta.

Dalam rangka memperingati Hari Pelanggan Nasional (HPN) September 2018, Direktur Consumer Siti Choiriana melakukan kunjungan langsung ke rumah pelanggan.

 

Profil Siti Choriana

Direktur Consumer Services Telkom

 

Lahir: Magetan, 28 Mei 1970 

Kewarganegaraan: Indonesia 

Domisili: Jakarta 

Riwayat Pendidikan:

1993 Sarjana Teknik Elektro, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya. 

2005 Magister Manajemen Teknologi, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.

Dasar Penunjukan: Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Telkom tanggal 27 April 2018.

 

Riwayat Jabatan 

2017 – 2018 Komisaris, Telkom Sigma. 

2013 – 2018 Executive Vice President Divisi Enterprise Service, Telkom. 

2016 – 2017 Chief of Commissioner, Patrakom. 

2016 – 2016 Komisaris, AdMedika. 

2013 – 2015 Komisaris, Finnet. 

2012 – 2013 Deputy Executive Vice President Divisi Enterprise Service, Telkom. 

2009 – 2012 General Manager Enterprise Finance & Banking. Divisi Enterprise Service, Telkom. 

2007 – 2009 General Manager Enterprise Divisi Telkom Regional V Surabaya.

 

Baca juga: Strategi Telkom IndiHome Mencapai Target 8,3 Juta Pelanggan di Tahun 2020