Siswa Binaan Astra Agro Wakili Provinsi Lomba Literasi Nasional

Siswa Binaan Astra Agro Wakili Provinsi Lomba Literasi Nasional
Festival dan Lomba Literasi Nasional (FL2N) Sekolah Dasar Tahun 2019/Sumber: Astra Agro Lestari

Kreativitas Tanpa Batas. Begitulah ungkapan yang tepat untuk siswa-siswi SDS Harapan Sejahtera, SMP Indah Makmur PT Gunung Sejahtera Dua Indah (GSDI) dan SDS Astra Agro Lestari PT Gunung Sejahtera Ibu Pertiwi (GSIP) yang telah lolos untuk mengikuti Festival dan Lomba Literasi Nasional (FL2N) Tahun 2019 mewakili Provinsi Kalimantan Tengah.

FL2N Tahun 2019 merupakan ajang bagi peserta didik untuk mengembangkan kreativitas di bidang sastra. Ini tentu turut memotivasi peserta didik untuk meningkatkan budaya membaca dan menulis sejak dini. Kecintaan terhadap literasi menjadi salah satu sarana dalam membangun karakter, jati diri, dan kebanggaan nasional.

Bertolak dari kebun, para peserta dan pendamping menuju Jakarta untuk mengikuti FL2N. Festival literasi ini diselengarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dilaksanakan di Jakarta. Kegiatan dilaksanakan berbeda tempat berdasarkan jenjangnya, yakni jenjang SD bertempat di Bintaro, sedangkan SMP bertempat di Tangerang. Waktu pelaksanaannya bersamaan mulai tanggal 25-29 Juli 2019.

Cabang lomba yang diikuti oleh Sekolah Binaan Yayasan Astra Agro Lestari ini adalah Lomba Menulis Cerpen atas nama Ananda Putri Ramadhani, siswa kelas 5 SD Harapan Sejahtera putri dari Slamet Sugiantoro, Mandor Panen PT GSDI. 
Sedangkan lomba berpantun diwakili oleh Faril Falih Saputra, siswa kelas 8 SMP Indah Makmur putra Achmad Nurwahid Operator alat berat. Selain kedua lomba di atas, juga terdapat Lomba Mendongeng yang diwakili oleh Lilin Isabela Riamadani, siswa kelas 5 putri dari Lukito Driver PT GSIP.

Dengan didampingi dan dibina oleh Astria Erawati, Aji Dwianto, dan Hikmayatun Pusparini mereka siap bertanding dengan siswa-siswi perwakilan 34 provinsi dari seluruh nusantara untuk mewakili Provinsi Kalimantan Tengah. Dengan tema Suka Cita Anak Indonesia Belajar Sepanjang Hayat, Festival Lomba Literasi Nasional ini dibuka langsung Menteri Pendidikan Muhajir Effendi.

Dia mengatakan, “Bahwa gerakan literasi harus tetap digalakkan. Diharapkan dengan kemampuan literasi ini bisa menjadi manusia yang berkarakter,” ucapnya.

Astria Erawati, Guru Pendamping dari PT GSDI mengatakan, “FL2N tahun ini adalah kesempatan bagi seluruh siswa-siswi di Indonesia mengembangkan penerapan literasi di sekolah masing-masing.”

Ia berharap, semoga di tahun berikutnya sekolah-sekolah lain, khususnya Sekolah Binaan YAAL dapat berpartisipasi dan menjadi bagian sebagai juara literasi sekolah baik di lingkungan sekolah maupun nasional.