Sinergi BUMN Sambungkan Listrik Gratis untuk Warga Tidak Mampu

Sinergi BUMN Sambungkan Listrik Gratis untuk Warga Tidak Mampu
Pemasangan listrik gratis bagi warga Bekasi (Sumber: PLN)

Sebanyak 34 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersinergi untuk mengentaskan persoalan listrik bagi warga tak mampu. Kali ini pilihannya jatuh di wilayah Muara Gembong, Bekasi.

Program ini merupakan lanjutan dari rangkaian acara Program Sambung Listrik Gratis skala nasional yang diinisiasi oleh BUMN. Terdapat sekitar 1,2 juta kepala keluarga yang akan memperoleh sambungan listrik gratis secara bertahap, menurut Direktur Utama PLN Sofyan Basir, 30 Januari 2019.

Presiden RI Joko Widodo turut mengunjungi Muara Gembong untuk melihat dan memastikan secara langsung penyambungan listrik gratis sinergi BUMN untuk 309 Kepala Keluarga. 

"Program Pemerintah ini kami harapkan bisa membantu warga yang sebelumnya nyantol sehingga bisa mendapatkan sambungan listrik secara langsung" ujar Sofyan.

Menurut catatan PLN, terdapat 105.000 rumah di wilayah Jawa Barat yang sudah tersambung listrik. Angka ini masih di bawah target sebesar 235.000 rumah. Sementara untuk daerah Bekasi, rasio elektrifikasinya  sudah mencapai hampir 100%. Meski demikian PLN mencatat masih ada 11.000 kepala keluarga yang memperoleh listriknya melalui sambungan dari rumah tetangga. Ini dilakukan akibat keterbatasan ekonomi untuk biaya penyambungan listrik sebesar 1 juta rupiah

Pemasangan listrik gratis ini , menurut Sofyan, tentunya meringankan warga yang sebelumnya ketika masih nyantol mereka harus membayar 40 ribu – 50 ribu rupiah untuk 3 bola lampu. Namun kini dengan memiliki listrik sendiri, maka warga cukup membayar 20 ribu – 30 ribu rupiah untuk lampu dan peralatan listrik lainnya tanpa takut putus listrik.