Setelah Sambara, Bank BJB Luncurkan Sambat Bagi Masyarakat Banten

Setelah Sambara, Bank BJB Luncurkan Sambat Bagi Masyarakat Banten
bank BJB bekerja sama dengan Tim Pembina Samsat Provinsi Banten kembali berinovasi dengan meluncurkanaplikasi SAMBAT /Sumber: bank bjb

Setelah sukses dengan Layanan Samsat J’bret (Jawa Barat Ngabret) melalui Aplikasi SAMBARA, kini bank BJB bekerja sama dengan Tim Pembina Samsat Provinsi Banten kembali berinovasi dengan meluncurkan kembali layanan E-Samsat Banten melalui aplikasi SAMBAT (Samsat Banten Hebat), pertengahan Mei lalu.

Acara tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi Banten Ino S. Rawita, Asisten Direktur KPW Bank Indonesia Ferry Tumpal D. Saribu, Kepala Bapenda Provinsi Banten H. Opar Sohari, Kepala Jasa Raharja Cabang Banten Haryo Pamungkas, Muhadi selaku Komisaris bank BJB, Nia Kania selaku Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko bank BJB serta perwakilan dari Kapolda dan Dirlantas Polda Banten.

"Bank BJB akan terus mengembangkan inovasi-inovasi yang dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat Banten khususnya nasabah setia bank BJB. Dengan diluncurkannya aplikasi SAMBAT ini merupakan wujud dukungan penuh bank BJB terhadap program pemerintah yang juga tentunya akan selaras dengan pertumbuhan bisnis bank BJB," jelas Nia Kania dalam keterangan resmi perusahaan, baru-baru ini.

Baca juga: Bank BJB Luncurkan Kartu ATM Edisi Dilan

Sebagai informasi, Aplikasi SAMBAT (Samsat Banten Hebat) ini bisa diakses oleh seluruh masyarakat Provinsi Banten di mana dalam aplikasi tersebut wajib pajak dapat memperoleh info pajak serta dapat dengan mudah mendapatkan Kode Bayar dengan terlebih dahulu melakukan pendaftaran/registrasi.

Untuk melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor tahunan, Wajib Pajak tak perlu datang ke Kantor Samsat, cukup mengakses aplikasi SAMBAT yang dapat diunduh melalui play store.

Setelah mengunduh aplikasi SAMBAT, Wajib Pajak melakukan registrasi dengan melakukan input Nomor Polisi, NIK dan 5 digit nomor rangka yang terdapat pada STNK kendaraan. Wajib Pajak akan mendapatkan Kode Bayar dan selanjutnya Wajib Pajak dapat melakukan transaksi pembayaran di seluruh jaringan Kantor (Teller) dan Jaringan elektronik (ATM dan BJB Digi) bank BJB serta ke depan Channel layanan yang telah bekerja sama dengan bank BJB di seluruh Indonesia, antara lain : e-commerce (Tokopedia dan Bukalapak), Fintech (KASPRO) dan Channel Payment Point Online Bank (PPOB).

Setelah melakukan pembayaran, Wajib Pajak dapat segera melakukan pengesahan STNK di Kantor Samsat terdekat wilayah Provinsi Banten.

Hadirnya aplikasi SAMBAT ini merupakan wujud inovasi layanan untuk memudahkan pembayaran kendaraan bermotor, yang juga berdampak sangat baik dalam transparansi transaksi publik untuk mendukung program pemerintah serta membantu memberikan keamanan dan kenyamanan bagi wajib pajak yang akan melakukan transaksi di Kantor Samsat.

Hal tersebut merupakan komitmen Pemerintah Provinsi Banten khususnya Tim Pembina Samsat Provinsi Banten bekerja sama dengan bank BJB untuk melakukan dan meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat/Wajib Pajak secara cepat, tepat, akurat, memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor serta dalam rangka optimalisasi pendapatan daerah dalam hal penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor.

Baca juga: Naik 28,1 Persen, Bank BJB Catatkan Laba Bersih Rp1,55 T di 2018