Seperti Ini Program Peruri dalam Optimalisasi Aset BUMN

Seperti Ini Program Peruri dalam Optimalisasi Aset BUMN
Grand launching M Bloc yang diresmikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia (BUMN RI), Rini M. Soemarno, Kamis 26 September 2019/Sumber: Peruri

Pasca penandatanganan Nota Kesepahaman antara Perum Perusahaan Umum Percetakan Uang RI (Peruri) bekerja sama dengan PT Ruang Riang Milenial (RRM) pada Mei 2019, akhirnya proyek pembangunan M Bloc memasuki tahap grand launching yang diresmikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia (BUMN RI), Rini M. Soemarno, Kamis 26 September 2019.

Rini M. Soemarno menyambut baik kerja sama ini sebagai upaya optimalisasi aset BUMN dan mudah-mudahan ke depannya akan diikuti oleh optimalisasi aset BUMN lainnya.

Baca juga: Fokus Kembangkan Bisnis ke Luar Negeri, Peruri Ramaikan Pacific Exposition 2019

Sementara itu, Dwina Septiani Wijaya, Direktur Utama Peruri menegaskan, sebagai BUMN, Peruri dituntut tidak hanya memberikan keuntungan usaha yang maksimal bagi para stakeholders, namun juga memiliki kepekaan sosial dan berupaya meningkatkan kualitas lingkungan dan masyarakat.

“M Bloc hadir tidak hanya sebagai upaya optimalisasi aset perusahaan yang idle, namun juga menjadi solusi bagi kelangkaan ruang kreatif bagi anak muda di Jakarta. M Bloc berupaya menghidupkan kembali kawasan di Blok M sebagai pusat kegiatan kreatif anak muda Jakarta Selatan yang sempat ramai pada tahun 80-an,” jelas Dwina Septiani Wijaya dalam keterangan resmi, Jumat 27 September 2019.

Menurut Dwina Septiani Wijaya, M Bloc akan menjadi urban space tempat terjadinya dialog sebagai gagasan kreatif generasi milenial. Dari tempat bersejarah di mana Indonesia mencetak simbol kedaulatannya, terimalah M Bloc, persembahan Peruri bagi generasi milenial dan komunitas kreatif Indonesia.

Proyek M Bloc ini akan mengalihfungsikan lahan seluas 6.500 meter persegi milik Peruri, yang awalnya berfungsi sebagai komplek perumahan karyawan dan gudang tempat produksi uang yang sudah tidak beroperasi menjadi sebuah ekosistem bagi komunitas milenial untuk berinteraksi dan berekspresi secara positif. M Bloc berlokasi di sebagian area kantor Peruri yang terletak di kawasan Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Di barisan depan, area bekas perumahan dinas karyawan Peruri akan diisi dengan berbagai tenant lokal yang telah dikurasi yang bergerak di bidang usaha kuliner, musik, film, animasi, seni rupa, kriya hingga co-working space. Sementara dua unit gudang bekas peti uang yang berada di bagian dalam akan diubah menjadi live house berkapasitas 350 orang yang bisa digunakan untuk konser musik serta pertunjukan seni lainnya.

Ke depannya, setiap hari akan ada pertunjukan musik di M Bloc Live House yang menghadirkan musisi ternama serta menjadi wadah bagi musisi pendatang lainnya dari seluruh wilayah Indonesia. Oleh karenanya, M Bloc akan menjadi tempat yang dicari oleh kaum muda dan menjadi tempat berkumpulnya komunitas pecinta musik dari berbagai aliran/genre musik di tanah air.

Baca juga: Peruri Kenalkan 3 Layanan Produk Digital