Seperti Ini Bentuk Sinergi Pertamina dengan Anak Perusahaan

Seperti Ini Bentuk Sinergi Pertamina dengan Anak Perusahaan
Program sinergi antar anak perusahaan yang dicanangkan PT Pertamina (Persero)/Sumber: Pertamina

Sejalan dengan program sinergi antar anak perusahaan yang dicanangkan PT Pertamina (Persero), salah satu anak perusahaan di bidang hulu, PT Pertamina Internasional EP (PIEP), sepakat bersinergi dengan anak perusahaan lainnya, yaitu PT Pertamina Lubricants, PT Pelita Air Service, PT Mitra Tours and Travel, dan PT Pertamina Bina Medika.

Penandatanganan sinergi dilakukan oleh Direktur Utama PIEP Denie S. Tampubolon dengan Direktur PT Mitra Tours & Travel Muhammad Indharto Rusman, Direktur Operasional Medis PT Pertamina Bina Medika Abdul Hari Tri Prasetyo, Presiden Direktur PT Pertamina Lubricants Ageng Giriyono dan Direktur Utama PT Pelita Air Service Dani Adriananta di Jakarta, 24 Juni 2019.

Baca juga: Pertamina-Saudi Aramco Sepakat Bangun Kilang Cilacap

Menurut Denie S. Tampubolon, kontrak sinergi ini memiliki added value dengan membuka kesempatan kepada AP Pertamina pendukung kegiatan operasi PIEP di luar negeri untuk merasakan dan mendapatkan exposure pekerjaan berkelas internasional menuju Pertamina kelas dunia.

“Inilah kesempatan bagi anak perusahaan Pertamina lainnya bersama kami berkiprah di luar negeri,” ujar Denie dalam keterangan resmi di hari yang sama.

Denie berharap sinergi antar AP Pertamina bisa dipertahankan dan berkembang sehingga mewujudkan Pertamina kelas dunia.

Hal senada juga diutarakan Senior Vice President Corporate Business Optimization Pertamina Afandi. Menurutnya, penandatanganan kontrak sinergi ini merupakan eksekusi dari program sinergi yang dicanangkan Pertamina.

“Tentunya sinergi ini akan menghasilkan revenue bagi semua pihak. Dari sisi korporasi kami berharap ke depannya sinergi semacam ini akan lebih banyak dilakukan oleh anak perusahaan Pertamina lainnya,” tambahnya.

Adapun jalinan sinergi antara PIEP dengan PT Pertamina Lubricants untuk Supply Agreement for Provision of Synthetic Based Drilling Fluid SF05, sedangkan dengan PT Pelita Air Service untuk Aviation Technical Advisory & Consultancy Service.

Selanjutnya, kerja sama dengan PT Mitra Tours and Travel untuk jasa travel management serta dengan PT Pertamina Bina Medika untuk jasa penyediaan layanan Medical Check Up (MCU).

Baca juga: Pertamina Catatkan Bantuan BUMN Korban Banjir Konawe Capai Rp1,25 Miliar