Seperti Ini Aksi Sosial Jasa Marga dan 3 BUMN di Kuningan dan Cirebon

Seperti Ini Aksi Sosial Jasa Marga dan 3 BUMN di Kuningan dan Cirebon
Aksi Sosial Jasa Marga dan 3 BUMN untuk Masyarakat Kuningan dan Cirebon/Sumber: Jasa Marga

PT Jasa Marga (Persero) Tbk, bersama PT Bio Farma (Persero), Perusahaan Umum (Perum) Jasa Tirta II, dan PT Len Industri (Persero), menggelar Safari Ramadhan melalui berbagai kegiatan sosial di Kabupaten Kuningan, Senin 20 Mei 2019 dan Kabupaten Cirebon, Selasa 21 Mei 2019.

Dalam keterangan resmi perusahaan dijelaskan, berbagai kegiatan sosial di dua kabupaten di Jawa Barat tersebut merupakan bagian Program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN.

Deputy General Manager HR & General Affair Jasa Marga Cabang Palikanci Zakaria bersama perwakilan dari berbagai institusi menyerahkan secara simbolis santunan tersebut di Kompleks Pondok Pesantren Husnul Khotimah, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh antara lain Community Development Department Head Jasa Marga Titi Purwatiningsih, jajaran manajemen Bio Farma, Perum Jasa Tirta II, Len Industri, dan sejumlah pejabat dari berbagai instansi terkait.

Baca juga: Satgas Jasa Marga Siap Kawal Operasional Arus Mudik Lebaran 2019

Santunan kepada 1.000 anak yatim tersebut berupa uang senilai masing-masing Rp250 ribu dan bingkisan senilai Rp100 ribu. Sebagian isi bingkisan tersebut merupakan produk-produk Mitra Binaan Jasa Marga Cabang Palikanci.

Selain penyaluran santunan, Jasa Marga dan ketiga BUMN di atas juga menyediakan berbagai hadiah menarik lainnya kepada para anak yatim. Penyaluran santunan kepada 1.000 anak yatim ini sendiri ditutup dengan berbuka puasa bersama.

Sedangkan di hari  Selasa 21 Mei, Jasa Marga, Bio Farma, Perum Jasa Tirta II, dan Len Industri juga bersinergi dalam rangkaian kegiatan Safari Ramadhan di Kabupaten Cirebon.

Berbagai kegiatan sosial yang dilaksanakan di kabupaten tersebut adalah pasar murah dengan menjual 2.000 paket pangan murah yang hasil penjualannya dikembalikan lagi untuk masyarakat sekitar, elektrifikasi listrik untuk 166 rumah, penyediaan MCK di 50 rumah, air bersih di dua titik, bedah rumah sebanyak 10 unit serta beasiswa untuk 25 pelajar.

Seluruh kegiatan tersebut secara simbolis diserahkan dari perwakilan BUMN kepada penerima di Kantor Camat Mundu, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Di samping itu, di lokasi lain keempat BUMN tersebut juga bekerja sama menyalurkan bantuan sarana masjid di lima titik serta pemberian 1.000 mushaf Al-Quran.

Seusai penyerahan secara simbolis Safari Ramadhan 2019 di Kantor Camat Mundu, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, BUMN sudah menjadi salah satu pilar perekonomian Indonesia.

Menurut Dwimawan Heru, hal ini sebagai wujud rasa syukur dan sejalan dengan misi BUMN Hadir Untuk Negeri, Jasa Marga bersama ketiga BUMN lainnya hadir di berbagai wilayah, khususnya di Jawa Barat tahun ini.

“Kita berharap yang kita berikan tentu bisa membantu karena yang kita berikan ini adalah pemenuhan kebutuhan dasar. Jadi, ini strategis sekali. Ada MCK, ada air bersih, ada juga rumah-rumah yang belum teraliri listrik. Pasar murah juga di bulan Ramadhan ini atau menjelang hari raya Lebaran (biasanya) kebutuhan keluarga meningkat. Sekali lagi, ini menjadi bukti BUMN Hadir Untuk Negeri. Kita membantu masyarakat, hadir di berbagai pelosok. Semoga ini bisa diapresiasi oleh masyarakat dan kita gunakan juga sebagai bagian sosialisasi keberadaan dan peran BUMN bagi negara,” ungkapnya.

Dalam Safari Ramadhan di Kuningan tersebut, Jasa Marga ditunjuk sebagai koordinator yang didukung oleh Bio Farma, Perum Jasa Tirta II, dan Len Industri sebagai Wakil Koordinator.

Selain kegiatan yang diselenggarakan bersinergi dengan BUMN lainnya, Jasa Marga juga menyelenggarakan program Pangan Murah Ramadhan di Kecamatan Anjatan Kabupaten Indramayu Jawa Barat.

Sebanyak 3.000 paket pangan murah dengan nilai Rp42.000 /paket dijual dengan harga Rp10.000 /paket ini disambut dengan antusias oleh masyarakat sekitar. Sama dengan kegiatan penjualan paket pangan murah di Kabupaten Cirebon, hasil penjualan paket pangan murah ini pun disumbangkan kembali ke desa setempat.

Baca juga: Jasa Marga Bangun 7 Toilet di Tol Trans Jawa untuk Penyandang Disabilitas