Selama Puasa, Jam Operasional Sentra Vaksinasi Diubah

Selama Puasa, Jam Operasional Sentra Vaksinasi Diubah
Sentra Vaksin Bersama BUMN (Sumber: dok. Kbumn)

Sentra Vaksinasi Bersama BUMN mengalami perubahan jadwal operational selama Bulan Ramadan 1442 Hijriah. Sentra Vaksinasi tersebut tersebar di lima titik di DKI Jakarta, Semarang, Surabaya, dan Bandung yang ditujukan bagi warga lansia, pekerja layanan publik, serta kalangan disabilitas.

Bahkan, khusus di Sentra vaksin DKI Jakarta yang digelar di Istora dan Tennis Indoor, GBK, Senayan, hari pertama bulan puasa yang diprakirakan jatuh pada Selasa, 13 Maret diliburkan sehari. Sentra Vaksinasi Bersama BUMN di ibu kota akan beroperasi kembali pada Rabu, 14 Maret 2021.

Hal tersebut dijelaskan Ketua Satgas Sentra Vaksinasi Bersama BUMN, Arya Sinulingga, Minggu, 11 Maret 2021 di Jakarta. 

"Untuk menghormati warga muslim, sekaligus agar kita semua khusyuk dalam menjalani ibadah puasa, khusus di Sentra vaksin Jakarta kami liburkan sehari di awal Ramadhan. Selain itu, selama bulan puasa ini jam operasional di semua Sentra vaksin juga dikurangi dan berjalan selama tujuh jam," ujarnya.

Selama bulan puasa, semua Sentra vaksin akan beroperasi mulai 07.00 hingga 14.00 WIB. Meski jam operasional berkurang, namun Satgas memastikan pelayanan yang diberikan kepada warga yang akan divaksin tetap maksimal. 

Perubahan jadwal tersebut juga terkait pengaturan jam kerja para tenaga kesehatan yang rutin disesuaikan setiap kali memasuki bulan Ramadhan. Dengan pertimbangan tersebut maka jam operasional vaksin pun disesuaikan.

"Jumlah tenaga kesehatan yang bertugas di setiap Sentra vaksin tidak berkurang selama bulan puasa. Masih tetap sama. Hanya saja, seperti biasa jam kerja karyawan, baik itu swasta, ASN, atau BUMN pasti mengalami penyesuaian selama Ramadhan," ungkap Rainer Haryanto, Koordinator Operasional Infrastruktur Medis Sentra vaksin.

Baca juga: Mitsubishi Hibahkan Satu Unit Mobil Listrik untuk Kementerian BUMN, Dukungan Penanggulangan Covid-19