Segera Meluncur, Berikut Daftar Pemegang Saham LinkAja

Segera Meluncur, Berikut Daftar Pemegang Saham LinkAja
Ilustrasi Tcash (sumber: tcash.id)

Setelah kabar akan hadirnya LinkAja, sistem pembayaran QR Code bentukan BUMN, kini terkuak sudah proporsi pemilik sahamnya. Dari awal, produk tersebut diinisiasi oleh bank-bank BUMN yang bergabung dalam HIMBARA (Himpunan Bank Milik Negara) menggandeng Telkomsel dan Pertamina. 

Gatot Trihargo, Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Survei dan Konsultasi Kementerian BUMN, mengungkapkan kepemilikan saham dari LinkAja. Telkomsel memiliki saham terbesar dengan proporsi 25%, diikuti Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI) sebanyak masing-masing 20%.

Bank Tabungan Negara memiliki jumlah saham yang sama dengan Pertamina yaitu 7%. Selanjutnya, Jiwasraya pun memiliki andil saham meski tak sebanyak yang lain yakni sebesar 1%. Kelak, LinkAja akan dikelola oleh PT Fintek Karya Nusantara yang merupakan anak perusahaan Telkomsel.

LinkAja akan menggabungkan beberapa platform pembayaran serupa yang sudah dimiliki BUMN sebelumnya, seperti Tcash, Yap!, dan MyQR. Rencananya, LinkAja ini akan dikembangkan dari platform Tcash, karena dinilai paling siap dari sisi teknologi.

Baca juga: Uang Elektronik Cikal Bakal LinkAja

Dengan penggabungan ini, diharapkan pula bahwa proses bisnis akan menjadi lebih efisien. Selain itu, promosinya pun bisa dilakukan bersama sehingga tidak terjadi duplikasi.

Masih menurut Gatot, strategi awal yang akan dilakukan LinkAja adalah memperkuat basis pelanggan, baik dari keempat bank maupun Tcash sendiri. Basis yang kuat akan menjadi modal yang penting bagi LinkAja untuk bisa bersaing di kancah Fintek yang kian ramai.

Dan berbicara tentang promosi, apakah LinkAja akan memberikan promo atau penawaran menarik bagi penggunanya? Kita tunggu,Upperliners!

Baca juga: LinkAja Segera Meluncur Temani Ovo dan Go-pay