Sambut HUT ke-74, KAI Gelar Gowes dan Bagi Sembako

Sambut HUT ke-74, KAI Gelar Gowes dan Bagi Sembako
Direktur SDM dan Umum KAI, R. Ruli Adi bersama Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi menyerahkan sembako gratis kepada salah satu warga sekitar/Sumber: KAI

Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74, PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) menggelar kegiatan bersepeda santai bertajuk Gowes KAI100K serta pembagian sembako gratis di wilayah Daop 5 Purwokerto, Sabtu 21 September 2019.

Acara dihadiri Komisaris dan Direksi KAI di antaranya Direktur Operasi KAI, Awan Hermawan, Direktur Keselamatan dan Keamanan KAI, John Robertho, Direktur SDM dan Umum KAI, R. Ruli Adi, Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Usaha KAI, Amrozi Hamidi, serta Keuangan KAI, Didiek Hartantyo. Adapun dari Anggota Komisaris KAI dihadiri oleh Cris Kuntadi.

Baca juga: KAI Borong 4 Penghargaan AHI 2019

"Penyelenggaraan KAI100K ini merupakan salah satu upaya KAI untuk menjadi lebih dekat dengan para pecinta sepeda, yang mana bagian dari pengguna jasa KA," ujar R. Ruli Adi dalam keterangan resmi, Senin 23 September 2019.

Selain itu, kesempatan ini juga dijadikan momen sosialisasi bahwa KAI sudah memfasilitasi pehobi sepeda dengan kemudahan dapat membawa sepedanya di KA. Sepeda yang diperbolehkan naik KA adalah sepeda lipat dengan berat maksimal 20 kg dan ukuran roda maksimal 22 inci.

“Sedangkan sepeda jenis lainnya penumpang dapat menggunakan layanan angkutan barang menggunakan KA, salah satunya anak usaha KAI yaitu PT KA Logistik atau Kalog. Kalog menyediakan layanan pengiriman sepeda dengan berbagai tujuan di sepanjang Pulau Jawa dan Bali,” tambahnya.

Di sisi lain, terpilihnya Jawa Tengah sebagai lokasi kegiatan KAI100K juga merupakan bentuk promosi wisata wilayah tersebut. Sembari bersepeda santai, para peserta pun menikmati pemandangan alam seperti jembatan, sungai, hutan, bukit, dan lainnya.

"Diharapkan dengan adanya event ini, KAI mampu membantu industri pariwisata di Jawa Tengah, khususnya di wilayah Daop 5 Purwokerto," sambung Ruli Adi.

Event ini juga diisi dengan kegiatan CSR berupa pemberian paket sembako kepada para Tukang Becak di wilayah Purbalingga.

Ruli Adi pun berharap, melalui  kegiatan ini masyarakat bisa secara langsung merasakan manfaat kehadiran BUMN di sekitar mereka, salah satunya adalah KAI.

"Program BUMN Hadir untuk Negeri ini akan terus berkelanjutan untuk memberikan sumbangan nyata bagi masyarakat, mewujudkan peran dan kontribusi nyata BUMN dalam meningkatkan kesejahteraan serta pemberdayaan kondisi sosial yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat," pungkasnya.

Baca juga: INKA, KAI dan Stadler Rail AG Teken Perjanjian Usaha Patungan