Resmikan Giant Ekspres Cikarang, Hero Usung Konsep Tampil Beda dan Lebih Fresh

Resmikan Giant Ekspres Cikarang, Hero Usung Konsep Tampil Beda dan Lebih Fresh
PT Hero Supermarket Tbk. meresmikan gerai Giant Ekspres Cikarang yang berlokasi di Jl. Cibarusah Komplek Perumahan Villa Mutiara Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. /Sumber: Hero

PT Hero Supermarket Tbk. meresmikan gerai Giant Ekspres Cikarang yang berlokasi di Jl. Cibarusah Komplek Perumahan Villa Mutiara Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Gerai baru ini menawarkan konsep yang berbeda, baik dalam desain gedung maupun pengadaan barang.

"Kita mencoba menjadi lebih confident atau lebih nyaman untuk pelanggan, khususnya ibu-ibu atau emak-emak itu lebih mudah," ujar Stefanus Jemianus Lepa Territory Head Giant Ekstra dan Ekspres PT Hero Supermarket Tbk. di Cikarang, Bekasi, Senin (15/7).

Baca juga: Saat E-Commerce Paksa Pengusaha Tutup Gerai Offline

Dia menjelaskan, keinginan untuk selalu memenuhi tuntutan customer demi memberikan kepuasan, menjadi alasan terkuat Giant memperbaharui strategi dalam hal pemasaran. "Jadi selama ini kita merasa bahwa kita perlu lebih mendekatkan diri kepada kemauan mereka. Jadi mereka maunya lebih banyak terlihat fresh. Terus kita coba mengubah layout-nya, merapikan tokonya, sehingga orang bisa lebih nyaman," jelasnya.

Di setiap gerainya, Giant menambahkan beberapa fasilitas guna menambah kenyamanan customer saat berbelanja dengan keluarga tercinta. "Yang bikin unik, kita lebih memberikan tenant-tenant yang sifatnya nyaman, ada mainan anak-anak, ada tempat ngopi untuk suami-suami. Jadi lebih enak, lebih terang dan designnya lebih jelas dan buahnya kelihatan lebih fresh, itu yang kita coba kasih ke customer," papar Stefanus.

Menurutnya, tampilan dan konsep berbeda dari Giant Ekspres Cikarang ini, merupakan yang pertama di Kabupaten Bekasi. Hypermarket yang kerap menyediakan berbagai macam kebutuhan rumah tangga itu sengaja dibangun di lokasi yang dinilai strategis dan mudah diakses oleh masyarakat.

"Kalau gerai untuk proses revit atau proses tampil beda, ini merupakan yang pertama di Bekasi. Di sini karena sifatnya residensial, dekat dengan perumahan penduduk, jadi marketnya jelas. Aksesnya gerai ini lebih gampang dicapai customer," akunya.

Untuk masalah produk, pihaknya masih berkutat seputar kebutuhan sehari-hari rumah tangga. Namun demikian, Giant tetap fokus mengedepankan produk yang menggunakan label sendiri. "Kita banyak produk baru, dan kita mengedepankan kita punya in house product atau produk kita sendiri. Yang paling booming ini kan giant tissue, rata-rata semua pasti suka dan harganya memang kompetitif banget," ujarnya.

Konsep 'Tampil Beda' yang diusung Hero ini agaknya merupakan strategi perusahaan untuk bisa mengejar laba, mengingat dalam dua tahun belakangan ini pembukuan Hero jeblok. Pada 2018 kerugian perusahaan naik drastis menjadi Rp1,25 triliun.

Sekedar informasi, beredar kabar ada 6 supermarket Giant yang bakal tutup pada 28 Juli 2019 ini, yakni Giant Ekspres Cinere Mall, Giant Ekspres Mampang, Giant Ekspres Pondok Timur, Giant Ekstra Jatimakmur, Giant Ekstra Mitra 10 Cibubur dan Giant Ekstra Wisma Asri.

Baca juga: Korporasi Sepekan: Usaha Ritel Lotus dan Hero Hasilkan Kenaikan Laba Signifikan