PT MRT Jakarta Raih Penghargaan Indonesia Trusted Company 2019

PT MRT Jakarta Raih Penghargaan Indonesia Trusted Company 2019
PT MRT Jakarta Raih Penghargaan Indonesia Trusted Company 2019/Sumber: MRT Jakarta

PT MRT Jakarta (Perseroda) meraih penghargaan kategori “Trusted Company based on Corporate Governance Perception Index” dalam ajang Indonesia Most Trusted Companies 2019.

Penghargaan diterima langsung oleh Direktur Keuangan dan Manajemen Korporasi PT MRT Jakarta (Perseroda), Tuhiyat dan disaksikan oleh Komisaris PT MRT Jakarta (Perseroda) Adnan Pandu di Jakarta, Rabu malam 11 Desember 2019.

Dalam kesempatan ini, Tuhiyat menyampaikan strategi bagaimana menjaga corporate governance di PT MRT Jakarta.

“Pertama, pemimpin di perusahaan harus yakin dan berkomitmen terhadap pelaksanaan good corporate governance. Kedua, menetapkan aturan terkait GCG dan menyosialisasikannya ke seluruh tingkatan perusahaan. Ketiga, seorang pemimpin harus menjadi teladan bagi perusahaan. GCG bukan sekadar tidak mengambil sesuatu yang bukan haknya tapi juga perilaku, harus ecara keseluruhan. Itu kuncinya,” jelas Tuhiyat dalam keterangan resmi, Kamis 12 Desember 2019.

Menurut Tuhiyat, perusahaan juga harus memiliki sistem pengawasan atau pengendalian internal. Toolsnya ada internal control system yang harus dibangun, bukan hanya oleh Divisi Audit, melainkan setiap lini atau divisi harus bisa mengontrol dirinya sendiri bahkan sebelum diaudit. Apakah yang dilakukan sesuai regulasi atau tidak.

“Sistem itu harus dibangun di situ. Jadi, kuncinya ada tiga: komitmen pimpinan, ketersediaan tools atau aturan yang disosialisasikan, dan implementasi di semua level organisasi,” tambahnya.

Menyikapi hal ini, Kepala Divisi Corporate Secretary PT MRT Jakarta, Muhamad Kamaluddin, menambahkan, penghargaan Indonesia Trusted Companies ini sebagai bukti bahwa PT MRT Jakarta berkomitmen dan juga sangat memperhatikan aspek tata kelola perusahaan yang baik.

“PT MRT Jakarta pertama kalinya ikut berpartisipasi tahun ini, dan baru 10 bulan beroperasi penuh, dengan diperolehnya penghargaan ini tentu meningkatkan terciptanya tata kelola perusahaan yang semakin baik di dalam manajemen PT MRT Jakarta,” pungkasnya.

Baca juga: Permudah Integrasi Transportasi Publik, MRT Jakarta – KAI Bentuk Perusahaan Patungan