PT INTI Genjot Bisnis AMS Perangkat Telekomunikasi IndiHome

PT INTI Genjot Bisnis AMS Perangkat Telekomunikasi IndiHome
PT INTI Genjot Bisnis AMS Perangkat Telekomunikasi IndiHome/Sumber: PT INTI

PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) (INTI) tengah menggenjot bisnis Asset Management Solutions (AMS) perangkat telekomunikasi Network Terminal Equipment (NTE) IndiHome milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk.

“INTI akan mengoptimalkan resources perusahaan agar dapat mempercepat pekerjaan, sekaligus memberi progress positif pada proyek Telkom, terutama di tengah perlambatan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Situasi ini memang menantang, tapi semua pekerjaan masih berjalan,” jelas Direktur Utama PT INTI (Persero) Otong Iip dalam keterangan resmi, Selasa 05 Mei 2020.

Adapun kontrak bisnis AMS itu terdiri dari pekerjaan pemeliharaan dan perbaikan perangkat (repair) Optical Network Terminal (ONT), repair Set Top Box (STB), serta pembongkaran secara keseluruhan perangkat terpasang di rumah konsumen yang sudah berhenti berlangganan IndiHome (dismantling) NTE.

“Pekerjaan ini memiliki jangka waktu selama setahun, tapi kita target selesai di bawah itu agar bisa lanjut ke pekerjaan berikutnya,” ucap Otong Iip.

Kerja sama strategis ini diharapkan dapat membantu korporasi dalam memberikan solusi terintegrasi dengan mengoptimalkan teknologi, kompetensi, dan proses bisnis untuk meningkatkan kinerja aset perusahaan konsumen.

“Apalagi, solusi AMS INTI ini dapat meningkatkan efisiensi Telkom dengan menekan belanja modal dan mengubahnya menjadi biaya operasional pada tahun berjalan,” tambahnya.

Perlu diketahui, proyek ini telah dieksekusi sejak akhir tahun 2019. Pekerjaan itupun berlangsung di seluruh Indonesia dengan pemusatan pekerjaan pada AMS Center di 12 lokasi, yaitu Medan, Pekanbaru, Palembang, Jakarta, Karawang, Bandung, Bandung Barat, Semarang, Surabaya, Denpasar, Balikpapan, dan Makassar. Titik AMS Center tersebut merupakan area yang tersebar di wilayah Telkom Regional 1-7.

Baca juga: Pertama di Indonesia, PT INTI Siap Produksi Tabung LPG Composite