PT INKA Kirim 22 Gerbong Kereta Stasiun Bangladesh

PT INKA Kirim 22 Gerbong Kereta Stasiun Bangladesh
Direktur Utama PT INKA (Persero) Budi Noviantoro mengecek persiapan pengiriman 22 kereta api buatan anak bangsa ke Bangladesh/Sumber: INKA

PT INKA baru saja mengirim 22 gerbong kereta ke Bangladesh. Tercatat, hingga akhir Oktober 2019, PT INKA telah mengirim 116 kereta dari total 250 kereta yang dipesan Bangladesh.

"116 kereta yang diekspor tersebut gabungan dari 50 kereta tipe BG (broad gauge) dan 66 kereta tipe MG (meter gauge)," jelas Direktur Utama PT INKA (Persero) Budi Noviantoro, dalam keterangan resmi, Sabtu 26 Oktober 2019.

Sebanyak 22 kereta tipe MG tersebut akan diberangkatkan Minggu ini dari Dermaga Jamrud, Tanjung Perak Surabaya, dan memerlukan waktu sekitar 11 hari untuk tiba di Chitagong Port, Bangladesh.

“Ke-22 kereta tersebut diperkirakan tiba pada tanggal 7 November 2019. Setelah sampai, kereta akan dioperasikan oleh Bangladesh Railways,” tambahnya.

Perlu diketahui, perbedaan antara kereta tipe BG dan tipe MG terletak pada lebar track (rel) yang digunakan. Untuk kereta tipe BG digunakan pada track dengan lebar 1.676 milimeter. Sedangkan kereta tipe MG digunakan pada track dengan lebar 1.000 milimeter.

Ekspor ke Bangladesh ini merupakan rangkaian dari usaha PT INKA (Persero) untuk meningkatkan pasar ekspornya ke luar negeri.

Setelah sebelumnya INKA juga pernah memenuhi pesanan kereta ke luar negeri lainnya, seperti Malaysia, Thailand, Filipina, dan Australia.

"Semoga akhir tahun ini kita bisa kontrak untuk ekspor kereta ke Sri Lanka," harapnya.

Baca juga: INKA, KAI dan Stadler Rail AG Teken Perjanjian Usaha Patungan