Profil Kuswiyoto, Dirut Pegadaian

Profil Kuswiyoto, Dirut Pegadaian
Kuswiyoto

Pada 4 Januari yang lalu, Kementerian Badan Usaha Milik Negara selaku pemegang saham Pegadaian menetapkan Kuswiyoto menjadi Direktur Utama PT Pegadaian. Ia menggantikan Sunarso yang kembali menjabat sebagai Wakil Direktur Utama BRI.

Sebelumnya pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) BRI tanggal 3 Januari 2019, pemegang saham memberhentikan Kuswiyoto sebagai direksi BRI. 

Belum dua bulan menjabat, Kuswiyoto sudah membuat beberapa gebrakan. Upperline mencatat beberapa gerakan yang dilakukan Pegadaian di era Dirut baru ini seperti:

Ini Prioritas Kuswiyoto jadi Dirut Pegadaian

Kuswiyoto Janji Pegadaian akan Makin Agresif Gaet Milenial

Tahun Ini Pegadaian Bidik Proyeksi Pendapatan Rp1398 Triliun

Seperti Ini Cara Pegadaian Apresiasi Nasabah Untuk Pertama Kali Pegadaian Buka Bank Sampah di Jawa Tengah

Pegadaian Gelar Lomba Karya Jurnalistik

Beberapa gebrakan ini lantas membuat banyak yang penasaran dengan profil Kuswiyoto, Dirut Pegadaian. Kami menghimpunnya dalam infografik di bawah ini.

Kuswiyoto diangkat sebagai Direktur BRI sejak tanggal 12 Agustus 2015 berdasarkan Hasil RUPS Tahunan dan telah lulus Uji Kemampuan dan Kepatutan berdasarkan Surat OJK No. SR-207/D.03/2015 tanggal 4 November 2015. Jabatan terakhirnya di BRI adalah sebagai Direktur Kredit Menengah, Korporasi & BUMN.

Ia adalah peraih Gelar MBA Finance dari Washington University, Amerika Serikat (1997), dan Gelar Sarjana Ekonomi, Universitas Airlangga, Surabaya (1986). 

Sebelumnya Kuswiyoto pernah menjabat sebagai Direktur Manajemen Risiko, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (2017), Direktur Kelembagaan, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (2015-2017), Komisaris, PT Bringin Indotama Sejahtera Finance (2013-2014), Pemimpin Wilayah Jakarta 1, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (2015), Pemimpin Wilayah Makassar, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (2014-2015).