Presiden Jokowi Sebut Pembangunan Bandara YIA Tercepat di Indonesia

Presiden Jokowi Sebut Pembangunan Bandara YIA Tercepat di Indonesia
Bandara YIA (Sumber: dok. YIA)

Presiden Indonesia, Joko Widodo menyebut Yogyakarta International Airport (YIA) sebagai bandara dengan pembangunan tercepat di Indonesia. Selain itu, bandara yang terletak di Kulon Progo tersebut juga memiliki kualitas yang mumpuni dalam hal konstruksi dan desain.

“Ini adalah pekerjaan pembangunan airport paling cepat di Indonesia, bahkan mungkin di dunia. Sangat cepat sekali. Pesawat Boeing 777 dengan kapasitas penuh bisa turun di sini karena kualitas runway-nya sangat baik,” ungkap Presiden Joko Widodo di sela-sela kunjungan kerjanya di Yogyakarta, Kamis (29/08).

Pembangunan YIA sendiri dimulai dari September 2018 dan diperkirakan akan rampung 100 persen pada Desember 2019 mendatang.

"Pembangunan YIA dapat selesai pada Desember 2019 sehingga total waktu pembangunan hanya 17 bulan. Hal ini merupakan proyek pembangunan bandara tercepat di Indonesia untuk skala sebesar ini dan dari sisi kualitas juga sangat bagus," kata Faik Fahmi, Direktur Utama Angkasa Pura Airports.

Ia menambahkan bahwa hingga minggu terakhir Bulan Agustus 2019, progres pembangunan bandara sudah mencapai 76 persen. Ia pun memastikan bahwa pengerjaan konstruksi akan selesai di Bulan Desember.

Baca juga: Harga Tiket Pesawat Domestik Akhirnya Turun!

Tujuan pembangunan bandara ini tentunya adalah untuk meningkatkan ekonomi, melalui pengembangan destinasi wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. "Keberadaan YIA akan membuat Daerah Istimewa Yogyakarta akan jadi lebih istimewa lagi," ujar Faik Fahmi.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo sendiri megarahkan agar slot penerbangan rute luar negeri diperbanyak. Alasannya adalah supaya semakin banyak turis asing yang berkunjung ke Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Untuk mempermudah mobilisasi pengguna bandara YIA, nantinya berbagai moda transportasi pendukung akan dihadirkan. Misalnya saja jalan tol dan kereta bandara. Hingga saat ini, moda transportasi yang sudah tersedia di adalah Damri, Satelqu, taksi bandara dan taksi online.

Selain itu, ada pula kereta api yang berhenti di stasiun terdekat dengan bandara yakni Stasiun Wojo. Dari stasiun tersebut, butuh 15 menit lagi untuk mencapai bandara dengan menggunakan mobil.

Baca juga: KAI Operasikan KA Bandara Internasional Yogyakarta