Pos Indonesia Luncurkan Q9, Pengiriman Sameday Service Tak Lebih dari 9 Jam

Pos Indonesia Luncurkan Q9, Pengiriman Sameday Service Tak Lebih dari 9 Jam
Poster Layanan Q9 (Sumber: IG @posindonesia.ig)

PT Pos Indonesia (Persero) meluncurkan inovasi baru berupa layanan pengantaran sameday atau pada hari yang sama dinamakan 'Q9'. Saat ini, layanan hanya berlaku untuk pengiriman dalam kota khusus area Pulau Jawa dan Ibukota provinsi untuk wilayah luar Pulau Jawa.

Q9 atau yang dibaca qiu nine serentak diluncurkan pada Senin lalu (9/9) di beberapa kota di Pulau Jawa, seperti Kantor Pos Jakarta Selatan, Erlangga Semarang, Surabaya Utara, Bandung, dan Taman Pintar Yogyakarta. Peluncuran ditandai dengan pelepasan pasukan Oranger yang siap mengawal kiriman Q9 hingga tiba di tanggan pelanggan.

Baca juga: Pos Indonesia Semarakkan Kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri

Sebagaimana dilansir dari Instagram resmi Pos Indonesia, @posindonesia.ig, layanan ini menerapkan batas akhir pengiriman (cut off time) sampai pukul 16.00 waktu setempat. Hingga bulan Desember 2019, Pos Indonesia memberikan promo gratis ongkir untuk pengiriman berikutnya apabila barang yang dikirim tidak sampai tujuan di hari yang sama.

Jika pelanggan ingin mengirimkan barang dengan layanan ini, mereka bisa datang ke loket-loket Kantor Pos dan Agenpos. Selain itu, bisa juga dengan layanan jemput kiriman (pick-up service) oleh Pasukan Oranger. Untuk cara kedua, pelanggan harus terlebih dahulu menghubungi call center 1500 261.

Tarif kiriman Q9 dihitung per kg, dengan tingkat berat maksimal paket 5 kg. Q9 juga membuka layanan COD (Cash on Delivery) atau bayar di lokasi tujuan dengan persetujuan dari pengirim. Nantinya, penerima barang juga akan mendapatkan notifikasi sesaat setelah kiriman diposkan melalui loket kantor pos, Oranger maupun Agenpos.

Inovasi Q9 ini memiliki arti penting bagi Pos Indonesia bahwa sebagai BUMN, Pos Indonesia terus bertransformasi. Perseroan juga ingin merelevankan seluruh layanannya untuk menjawab tantangan bisnis saat ini. Di mana, masyarakat, UKM dan pelaku bisnis yang menjadi pelanggannya memerlukan kecepatan, keamanan dan kepraktisan pengiriman barang untuk kesuksesan usaha mereka.

Baca juga: Wujudkan Inklusi Keuangan, Pegadaian Gandeng 21 Perusahaan