Pos Indonesia Luncurkan Layanan Q-COMM bagi E-Commerce, Kiriman Dijamin 2 Hari Sampai

Pos Indonesia Luncurkan Layanan Q-COMM bagi E-Commerce, Kiriman Dijamin 2 Hari Sampai
Pos Indonesia luncurkan Q-COMM (Sumber: Twitter @PosIndonesia)

Pos Indonesia meluncurkan layanan pengiriman baru bernama Q-COMM pada Rabu, 6 November 2019 di Jakarta. Produk ini menyasar pada pengguna jasa pengiriman barang dari kalangan pebisnis online (pebisol) atau e-commerce.

Beberapa bulan sebelumnya tepatnya pada September 2019, Pos Indonesia telah lebih dahulu meluncurkan produk Q9 yakni layanan pengiriman sameday service. Produk tersebut terbilang sukses di pasaran.

Jumlah pengiriman barang dalam kota dari yang awalnya hanya 100 pengiriman melonjak menjadi 4 ribu per hari. Hanya saja, pengguna jasa Q9 masih didominasi oleh kalangan personal dan perkantoran, bukan dari pebisol. Dengan Q-COMM ini, Pos Indonesia mencoba memfasilitasi pebisol.

“Kami ingin menjadi backbone dari e-commerce. Semoga mereka terbantu dengan produk ini,” ungkap Charles Sitorus, Direktur Komersial PT Pos Indonesia saat hadir dalam peluncuran Q-COMM (6/11).

Hadir bagi pelaku e-commerse, Q-COMM memiliki beberapa keunggulan. Yang pertama, durasi pengiriman barang dari dari pebisol kepada pembeli maksimal H+2 atau 2 hari sejak barang diterima kurir.

“Q-COMM ini memang didesain untuk pebisol, sudah ada mark-nya kalau ini punya e-commerce jadi perlakuannya beda dengan paket lainnya,” ujar Charles.

Keuntungan kedua dari penggunaan Q-COMM adalah layanan free pick up. Cukup dengan menelpon di nomor 1500261 dan O-Ranger akan datang menjemput paket. Ketiga, layanan ini juga menyediakan fitur Cash On Delivery (COD) dan resinya pun keluar dengan otomatis.

“Begitu resi keluar, tidak perlu diketik ulang lagi karena sudah terdata di Pos Indonesia. Sehingga tidak akan buang-buang waktu,” ujar Charles.

Para pebisol juga dapat menggunakan Quick Online Booking (QOB) untuk menghindari antrean panjang saat hendak mengirim barang. Untuk sistem pembayaran, Pos Indonesia juga menawarkan alternatif dengan menggunakan pos giro mobile.

Layanan Q-COMM ini dapat melayani pengiriman dengan maksimal berat paket hingga 5.000 gram atau 5 kg. Saat ini, pengiriman barang masih dalam lingkup Pulau Jawa.

“Untuk awalnya di 95 kota di Pulau Jawa dan akan bertumbuh seiring dengan pertumbuhan jaringan Pos Indonesia,” terang Charles.

Baca juga: Pos Indonesia Luncurkan Q9, Pengiriman Sameday Service Tak Lebih dari 9 Jam