Pompa Bertenaga Surya Buatan Len Bantu Cukupi Kebutuhan Air Warga Amarasi Timur

Pompa Bertenaga Surya Buatan Len Bantu Cukupi Kebutuhan Air Warga  Amarasi Timur
PT Len Industri (sumber: dok. Len Industri)

PT Len Industri memasang perangkat pompa air tenaga surya dan kini sudah berfungsi dengan baik menghasilkan air bersih di Desa Rabeka, Amarasi Timur, Kupang, Nusa Tenggara Timur. Inisiasi tersebut berawal dari kepedulian perusahaan akan situasi di desa tersebut. 

Desa Rabeka yang dihuni kira-kira 1.650 warga. Di wilayah tersebut, air bersih termasuk barang yang sulit dijangkau. 

Warga desa harus menggotong kiloan meter dari sumber air, atau membeli air bersih seharga 5.000 rupiah per 10 liter. Itupun setiap kepala keluarga dibatasi hanya bisa membeli maksimal 60 liter dalam sehari.

Sementara itu, jika harus membuat sumur sendiri, biaya pemboran sangat mahal. Ditambah lagi biaya operasional dengan genset tak kalah menguras kantong.

Melihat hal tersebut, Len Industri tergerak membantu masyarakat dengan memasang pompa air submersible dalam sumur berkedalaman 80 meter. Pompa tersebut disokong daya yang disuplai dari model surya berkapasitas 1.000 watt.

Pompa buatan Len mampu menghasilkan debit air 10 meter kubik setiap harinya. Sistem pompa ini tidak menggunakan baterai, sehingga hanya pada saat siang hari saja berfungsi menyedot air dari sumur. Air dari sumur ditampung dalam 2 buah toren berkapasitas 5.500 liter per torennya.

Inisiasi Len Industri tersebut tentunya sangat diapresiasi warga setempat. Mereka mengaku tak perlu mengeluarkan uang lagi untuk sekedar mendapatkan air bersih.

“Kami bersama masyarakat semuanya bahagia, karena setiap hari kami membeli air 3 jerigen Rp10.000 setiap hari sebelum ada bantuan ini," ungkap Tertuliana Tanio Ulimano salah seorang warga Dusun Lima, Desa Rabeka.

Pihak Len tentunya membekali warga desa dengan tata cara pengelolaan dan perawatan pompa tersebut.   

"Alhamdulillah, sekarang sudah selesai semua pemasangannya. Meski kemarin terkendala cukup lama karena beberapa material terlambat datang ke lokasi,” ungkap Eman, salah satu personil dari Bandung yang ditugaskan memasang pompa tenaga surya di Desa Rabeka.

Baca juga: BPPT Sebut Kelayang Full Driverless Bandara Soekarno Hatta Sudah Siap Jalan