PLTA Patungan Indonesia Power-Kansai Siap Pasok Listrik Jawa Bali

PLTA Patungan Indonesia Power-Kansai Siap Pasok Listrik Jawa Bali
PLTA Rajamandala siap pasok listrik Jawa-Bali. (Sumber: Indonesia Power)

PLTA Rajamandala siap memasok tambahan listrik ke sistem kelistrikan Jawa-Bali melalui transmisi 150 kV Cianjur-Cigereleng. Hal itu dilakukan seiring dengan telah selesainya proses uji coba PLTA untuk melihat keandalan dan kapasitas maksimum pembangkit listrik sebelum beroperasi secara komersial.

Menurut PT Indonesia Power, berdasarkan hasil tes tersebut, PLTA Rajamandala telah mendapatkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) dari Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan (DJK) Kementerian ESDM. 

“Satu lagi program pengembangan pembangkit Energi Baru Terbarukan telah selesai pembangunannya. Harapannya dengan ini kami bisa terus mendukung target 23% bauran energi (energy mix) dari program PLN” ujar Direktur Utama PT Indonesia Power Sripeni Inten Cahyani, 17 Mei 2019. 

Baca juga: Kurangi Penggunaan Batubara, Indonesia Power Ujicoba Co-firing di PLTU Lombok

PLTA Rajamandala berlokasi di Desa Cihea, Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur memanfaatkan aliran sungai Citarum yang merupakan keluaran dari PLTA Saguling, PLTA ini tidak memerlukan pembangunan waduk atau bisa disebut dengan kategori PLTA run-of-river

PLTA Rajamandala merupakan Pembangkit Listrik Tenaga Air yang dikelola PT Rajamandala Electric Power (REP), sebuah perusahaan yang dibentuk melalui kerja sama antara PT Indonesia Power dengan Kansai Electric Power Co, Inc. 

Dengan adanya PLTA Rajamandala ini, maka PLN Grup, khususnya PT Indonesia Power ,berhasil menambah jumlah pembangkit listrik yang menggunakan energi baru dan terbarukan. 

Baca juga: Indonesia Power Inisiasi Gerakan Coastal Clean Up Pantai Kuta