PLN Sukses Operasikan SUTT 70 KV Dukong-Manggar

PLN Sukses Operasikan SUTT 70 KV Dukong-Manggar
PLN Sukses Operasikan SUTT 70 KV Dukong-Manggar/Sumber: PLN

PT Perusahaan Listrik Negara  (PLN) berhasil mengoperasikan saluran udara tegangan tinggi (SUTT) 70 kV jalur Dukong – Manggar guna memerkuat sistem kelistrikan di Pulau Belitung. Hal ini ditandai dengan keberhasilan PLN melakukan energizing jaringan tersebut.

Beroperasinya SUTT 70 kV jalur Dukong – Manggar sepanjang 70 kilometer sirkit (kms) membuat sistem kelistrikan Belitung dan Belitung Timur menjadi satu kesatuan (interkoneksi).

“Beroperasinya SUTT ini tentu akan meningkatkan keandalan listrik, baik di Belitung maupun Belitung Timur, karena dapat saling supply listrik jika satu sama lain saling membutuhkan,” tutur Direktur Bisnis Regional Sumatera PLN, Wiluyo Kusdwiharto dalam keterangan resmi, Jumat 28 Februari 2020.

Sebelumnya, sistem kelistrikan Belitung hanya disuplai oleh jalur SUTT Suge – Dukong. Dengan adanya jalur SUTT ini, maka daya yang ada di Belitung dapat dievakuasi ke Belitung Timur sehingga tegangan di daerah tersebut menjadi lebih baik. Jalur SUTT ini didukung oleh trafo di Gardu Induk Manggar berkapasitas 30 Mega Volt Ampere (MVA).

Saat ini, daya mampu sistem Belitung sebesar 74,45 mega watt (MW) dengan beban puncak sebesar 43,98 MW. Ke depan PLN masih akan melanjutkan pembangungan jaringan SUTT dari Dukong ke Tanjung Tinggi yang ditargetkan selesai pada tahun 2021.

Untuk kesuksesan ini, Wiluyo menyampaikan terima kasih kepada segenap elemen Forum Komunikasi Pimpinan Daerah atas dukungan yang diberikan sehingga proyek strategis ini rampung.

“Kami sampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh stakeholder yang telah mendukung PLN, sehingga dapat menyelesaikan SUTT 70 kV jalur Dukong – Manggar ini,” ungkapnya.

PLN juga berharap agar warga masyarakat turut membantu PLN untuk menjaga right of way (ROW) dengan memangkas pohon yang berada di bawah SUTT di wilayah masing-masing demi kepentingan bersama.

“Kesadaran masyarakat untuk membantu melakukan perabasan pohon merupakan bentuk dukungan terhadap PLN, agar terhindar dari gangguan yang menyebabkan listrik padam. Peduli kita untuk kebaikan kita semua,” ujar Wiluyo.

Ketersediaan listrik yang cukup dan sistem kelistrikan yang semakin andal ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Belitung, serta membuka peluang bagi para investor untuk berinvestasi, baik dalam bidang industri, bisnis, maupun pariwisata.

Bupati Belitung, Sahani Saleh juga menyampaikan apresiasinya kepada PLN atas terselesaikannya proyek SUTT 70 kV jalur Dukong – Manggar.

“Kami sangat senang sekali atas pencapaian ini, semoga hal ini dapat bermanfaat untuk mewujudkan Belitung terang benderang, terima kasih kepada PLN atas kerja sama dan koordinasinya yang baik selama ini,” pungkasnya.

Baca juga: PLN Disjaya Bukukan Pendapatan Rp43,12 Triliun Sepanjang 2019