PLN Sambung Listrik Gratis 1000 Keluarga di Jepara

PLN Sambung Listrik Gratis 1000 Keluarga di Jepara
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo secara simbolik melakukan pemasangan listrik gratis di Jepara, Jawa Tengah (Sumber: PLN)

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) meluncurkan  program penyambungan listrik gratis bagi 1.000 warga tidak mampu di Kabupaten Jepara. Peluncuran tersebut dilakukan  oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. 

Kegiatan pemasangan listrik gratis ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan menambah rasio elektrifikasi khususnya di Jawa Tengah.

Program ini merupakan bagian dari CSR PLN Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B yang  dimulai sejak bulan November 2018 hingga kuartal I tahun 2019 dengan daya 900 Volt Ampere. Sasarannya adalah masyarakat tidak mampu di 20 Desa di Kabupaten Jepara, menurut keterangan resmi PLN, 7 Februari 2019.

Menurut korporasi, pihaknya telah menyambungkan 528 rumah tangga miskin di 10 desa, di antaranya desa Tubanan dan desa Bondo. Selain itu PLN juga akan menyambungkan listrik pada 10 desa lainnya. 

Lalu bagaimana PLN bisa tahu bahwa pemasangan listrik tersebut tepat sasaran? Menurutnya, hal itu dilakukan berdasarkan Basic Data Terpadu (BDT) Kementerian ESDM tahun 2016. Kemudian PLN dan Pemkab Jepara melakukan survey ulang ke rumah warga sehingga bisa dipastikan bantuan ini tepat sasaran. 

Selain penyambungan listrik gratis, PLN juga telah membagikan 3000 paket nutrisi untuk anak-anak sekolah di ring I PLTU Tanjung Jati B sebagai bentuk kepedulian kepada generasi muda. Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin 4 bulan sekali.

Baca juga: Tingkatkan Pelayanan, PLN Pasang Gardu Distribusi 100 kVA di Maros