PLN Rampungkan Transmisi 150 kV untuk Penuhi Kebutuhan Industri Tangsel

PLN Rampungkan Transmisi 150 kV untuk Penuhi Kebutuhan Industri Tangsel
Jaringan transmisi PLN (Sumber: dok. PLN)

PLN kembali merampungkan transmisi bertegangan 150 (kilo Volt) kV Pondok Indah Incomer dan Gas Insulated Switchgear (GIS) 150 kV Pondok Indah II/Cirendeu Incomer. Jaringan transmisi ini bernilai investasi sebesar 170 miliar rupiah. 

Transmisi tersebut akan menyalutkan energi listrik melalui Gas Insulated Switchgear (GIS) 150 kV Pondok Indah dan Gardu Induk (GI) 150 kV Gandul.

“Dengan beroperasinya jaringan transmisi dan GIS ini, listrik yang kian andal akan segera dinikmati oleh masyarakat serta industri di Jakarta dan sekitarnya, utamanya di area Tangerang Selatan,” jelas General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (UIP JBB), Ratnasari Sjamsuddin. 

Ia menambahkan bahwa pihak PLN mendukung pertumbuhan pesat ekonomi dan industri di wilayah Tangerang Selatan melalui penyediaan infrastruktur kelistrikan yang kian andal. Saat ini di Tangerang Selatan, terdapat industri pembangunan retail dan properti.

Beberapa di antaranya adalah Pertokoan South City, Apartemen Green Lake View, Baileys Lagoon, Apartemen Izzara, Sima Office, The Spring Residences, Altera Residence, Tokyoland serta kebutuhan industri lainnya dengan potensi kebutuhan listrik sebesar 24,1 Mega Volt Ampere (MVA). Hal ini sesuai dengan kebutuhan pasokan listrik yang terus meningkat di Tangerang Selatan.

Perlu diketahui, GIS 150 kV Pondok Indah II/Cirendeu memiliki kapasitas sebesar 2 x 60 MVA. Ketersediaan kapasitas ini dapat dioptimalkan bagi kebutuhan listrik masyarakat serta industri setempat.

Melalui pengoperasian infrastruktur ketenagalistrikan ini, PLN berpotensi memperoleh pendapatan sebesar 263 miliar per tahun atau 721 juta rupiah per hari.

Selain pengoperasian jaringan, PLN juga melakukan kegiatan penyelamatan lingkungan penataan taman di area pembangunan. PLN berharap kegiatan ini dapat berdampak positif bagi lingkungan dan masyarakat setempat.

"Selain mengemban tugas untuk membangun infrastruktur kelistrikan yang handal dan pasokan listrik kian terjaga, kami juga berkomitmen terhadap lingkungan," ungkap Ratnasari Sjamsuddin.

PLN menata taman di sekitar lokasi Gardu Induk dan jaringan transmisi. Pihaknya menyampaikan bahwa penanaman sudah  disesuaikan dengan standart aman jaringan dan tidak mengganggu ROW atau jalur transmisi. PLN pun berharap agar masyarakat juga menyadari bahwa pembangunan infrastruktur ini aman bagi lingkungan sekitar.

Baca juga: PLN Kembali Listriki Pulau Terpencil, Kali Ini Dua Pulau di Kepri