PLN Listriki Halmahera Utara

PLN Listriki Halmahera Utara
PLN Listriki Halmeraha Utara. (Sumber: PLN)

PT PLN (Persero) berhasil melistriki 4 (empat) Desa yang berada di Pulau Doi, Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara. Untuk mencapai target tersebut, PLN membangun jaringan distribusi sepanjang 13 km. Adapun dari segi pasokan listrik, PLN membangun PLTD berkapasitas 200 kW guna melistriki 800 rumah di keempat desa tersebut.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sofifi Yusrizal, lahan untuk Power House dari PLTD tersebut disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara. Hal tersebut merupakan bentuk sinergi positif antara PLN dan pemerintah untuk terus membangun pulau-pulau terluar

Di samping itu, kata Sofifi, PLN juga akan segera melistriki Pulau Dagasuli yang terletak di selatan Pulau Doi. Saat ini, mesin berkapasitas 200 kW untuk melistriki Pulau Dagasuli sudah berada di Pulau Doi.

Baca juga: Pelindo IV Layani Sandar Kapal Perdana di Kendari New Port

"Kami upayakan akan segera mengangkut mesin PLTD untuk Pulau Dagasuli pada minggu ke-2 bulan Mei ini. Saat ini masih berada di Pulau Doi dikarenakan faktor cuaca yang tidak mengungkinkan untuk dilakukan pengangkutan mesin. Harapannya sebelum Idul Fitri nanti listrik di Pulau Dagasuli dapat segera menyala", tambah Yusrizal.

Dengan demikian saat ini terdapat 176 desa yang telah berlistrik di Kabupaten Halmahera Utara dan tinggal 23 lagi desa yang belum berlistrik. Direncanakan pada 2020 semua desa di Halmahera Utara dapat segera terlistriki.

Baca juga: Menanti Indonesia Tak Lagi Impor Minyak Mentah dan BBM