PLN Listriki 13 Desa di Halmahera Timur Jelang Hari Listrik Nasional ke-74

PLN Listriki 13 Desa di Halmahera Timur Jelang Hari Listrik Nasional ke-74
PLN Listriki 13 desa di Halmahera Timur

Jelang Hari Listrik Nasional ke-74, PLN berhasil menyalurkan listrik ke desa-desa di Kabupaten Halmahera Timur, Provinsi Maluku Utara pada hari Selasa (22/10). Totalnya ada 13 desa yang berhasil dilistriki PLN, antara lain Desa Wasileo, Desa Dorosago, Desa Doromoi, Desa Sosolat di Kecamatan Maba Utara, Desa Maratana Jaya dan beberapa desa lainnya.

Setelah 13 desa berhasil dilistriki PLN, kini tersisa 10 dari 104 desa yang akan dilistriki PLN di Kabupaten Halmahera. Pencapaian ini pun mengurangi Pe-Er (Pekerjaan Rumah) dari PLN untuk melistriki desa-desa di keseluruhan Pulau Halmahera dan Pulau Morotai. Dari 692 desa target PLN, kini tinggal tersisa 53 desa yang belum teraliri listrik PLN.

Manajemen PLN pun mengaku berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Pemda Kabupaten Halmahera Timur dalam proses penyaluran listrik ini. Pemda telah membantu dalam hal biaya pasang baru bagi 1.327 pelanggan dengan total daya tersambung 1.201 kVA dan bantuan penebangan pohon sepanjang 88,6 km. Selain itu, PLN merasa terbantu dengan pembebasan lahan untuk PLTD Wasileo.

Untuk mendukung proses pelistrikan di 13 desa tersebut, PLN menyiapkan beberapa infrastruktur. PLN membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 88,6 kms, Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 22,8 kms dan sejumlah trafo.

“6 buah Trafo Distribusi kapasitas 25 kVA, 8 buah Trafo Distribusi kapasitas 50 kVA, dan 5 buah Trafo Distribusi kapasitas 100 kVA,” ungkap Sofifi Yusrizal, Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3).

Keberhasilan PLN memberikan listrik pada 13 desa di Kabupaten Halmahera Timur disambut baik oleh Bupati Halmahera Timur Muhdin Ma’bud. Mewakili warganya, ia menyampaikan apresiasinya.

“Dengan dilistrikinya desa-desa tersebut saya yakin berdampak positif bagi kegiatan warga sehari-hari. Baik untuk penerangan, kegiatan belajar mengajar maupun untuk kegiatan usaha”, ujarnya.

Kini target PLN adalah dapat melistriki seluruh desa di Pulau Halmahera dan Pulau Morotai secepat dan sesegera mungkin. Tujuannya tak lain adalah mewujudkan Halmahera Terang. Sehingga di masa mendatang, Hari Listrik Nasional yang jatuh pada 27 Oktober bisa menjadi hari bagi seluruh penduduk Indonesia.

Baca juga: Seperti Ini Komitmen PLN Terangi Bumi Cendrawasih