PGN - Mitsui Kerja Sama Pemanfaatan Teknologi di Bisnis Infrastruktur Gas Bumi

PGN - Mitsui Kerja Sama Pemanfaatan Teknologi di Bisnis Infrastruktur Gas Bumi
PGN - Mitsui Kerja Sama Pemanfaatan Teknologi di Bisnis Infrastruktur Gas Bumi/Sumber: PGN

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) bersama Mitsui & Co Ltd menandatangani nota kesepahaman dalam pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi dalam infrastruktur gas bumi.

Direktur Utama PGN Gigih Prakoso menjelaskan, kerja sama ini dapat menjadi peluang bagi PGN untuk meningkatkan performa sebagai subholding gas dalam menghadapi kemajuan teknologi.

"PGN juga bermaksud untuk memperluas infrastruktur, teknologi komunikasi dan informasi bisnis gas bumi,” ucap Gigih Prakoso dalam keterangan resmi, Selasa 3 Desember 2019.

Terkait Mitsui sendiri merupakan perusahaan perdagangan terkemuka asal Jepang yang memiliki jaringan operasi secara global dan networking bisnis yang kuat secara multilateral di seluruh dunia.

Tidak hanya itu, Mitsui juga menjadi salah satu pemodal utama dalam berbagai infrastruktur sektor industri, di antaranya industri energi, tenaga listrik, logistik, bahan kimia, manajemen ritel, pengembangan bisnis, serta teknologi dan komunikasi.

 “Kerja sama antara PGN dengan Mitsui diharapkan juga dapat memberikan benefit yang berkelanjutan bagi seluruh pihak serta menjadi momentum penting bagi PGN sebagai subholding gas bumi dalam memberikan layanan terbaik secara global,” katanya.

Dalam jangka waktu setahun ke depan, PGN dan Mitsui berkomitmen untuk memanfaatkan kompetensi masing-masing dan saling memberikan timbal balik yang menguntungkan.

Sebagai informasi, guna mewujudkan penyediaan energi gas bumi dalam negeri, PGN memiliki program pembangunan infrastruktur, seperti membangun jaringan pipa distribusi sepanjang 500 km, pipa transmisi 528 km, 5 FSRU, 7 LNG filling station untuk truk/kapal, 30 juta sambungan rumah tangga, dan 17 fasilitas LNG untuk mensuplai kebutuhan konsumen.

Saat ini, PGN telah menyalurkan energi gas bumi ramah lingkungan untuk lebih dari 300.000 pelanggan dengan sambungan pipa lebih dari 10.000 km.

Baca juga: Tanda Tangani Perjanjian dengan Sinopec, PGN Akan Ekspor LNG ke China