Peruri Kenalkan 3 Layanan Produk Digital

Peruri Kenalkan 3 Layanan Produk Digital
Peruri Kenalkan 3 Layanan Produk Digital/Sumber: Peruri

Perum Percetakan Uang RI (Peruri) meluncurkan 3 layanan produk digital, seperti Peruri Sign, Peruri Code dan Peruri Trust yang dirangkum dalam satu layanan yaitu Peruri Digital Services di Jakarta, Kamis, 26 September 2019.

Peluncuran dikemas dalam bentuk pameran business conference and exhibition (konferensi bisnis dan pameran) yang menampilkan produk-produk unggulan serta inovasi di bidang digital sebagai bentuk transformasi digital services yang telah dicanangkan sejak 3 tahun terakhir.

Baca juga: Fokus Kembangkan Bisnis ke Luar Negeri, Peruri Ramaikan Pacific Exposition 2019

Bersamaan dengan acara itu, Peruri juga melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman/Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (Agreement) dengan beberapa pihak seperti BRI, BNI, BCA, Telkom, Askrindo, LPPOM MUI, Bank Muamalat & Hayuni, Dana Rupiah, Koperasi Simpan Pinjam Jakarta, Bahana Sekuritas dan Trimegah Sekuritas, terkait produk-produk digital Peruri yang akan diimplementasikan ke masing-masing jenis usahanya.

“Dari tahun ke tahun perkembangan teknologi digital meningkat sangat pesat. Tidak ketinggalan, Peruri telah bertransformasi ke bisnis digital. Esensinya, Peruri tidak hanya sebatas perusahaan percetakan saja, tetapi lebih dari itu sebagai pemegang otoritas penjamin keaslian produk melalui fitur-fitur pengaman,” jelas Dwina Septiani Wijaya, Direktur Utama Peruri dalam keterangan resmi, Jumat 27 September 2019.

Peruri Code adalah kode unik dan serialisasi dari Peruri yang memiliki fitur sekuriti berupa informasi rahasia sebagai media autentikasi dan verifikasi. Jenis dari produk Peruri Code dapat berupa Secure QR Code, Nano ID, RFID dan NFC.

Peruri Sign merupakan platform yang dimiliki Peruri untuk menjamin kerahasiaan data (confidentiality), melindungi integritas isi dokumen (data integrity), menjamin keaslian data (authentication), dan jaminan nirsangkal (non-repudiation) dari suatu dokumen elektronik sehingga dapat diketahui keabsahan dan keasliannya. Salah satu produknya adalah PERISAI, tanda tangan yang terdiri atas informasi elektronik yang diimplementasikan dengan sertifikat elektronik.

Peruri Trust adalah platform track and trace Peruri sebagai penyedia layanan end-to-end realtime monitoring pada proses produksi, distribusi hingga diterima konsumen. Layanan ini berperan untuk menanggulangi adanya pemalsuan produk, penyelundupan serta kecurangan-kecurangan yang dimanipulasi pada suatu produk yang beredar di masyarakat.

“Sampai sejauh ini Peruri adalah perusahaan yang memberikan keamanan pada simbol kedaulatan negara berupa mata uang. Inilah sebabnya Peruri perlu melayani masyarakat dalam bentuk teknologi baru, tidak hanya dalam bentuk dokumen sekuriti negara tetapi juga meluas dalam bentuk digital melalui Peruri Sign, Peruri Code dan Peruri Trust,” pungkasnya.

Baca juga: Peruri, Jasa Raharja dan BPJS Ketenagakerjaan Santuni Keluarga Korban Kecelakaan Tol Cipali