Perum Perindo Komitmen Jalankan 5 Pilar Usaha di HUT-31, Apa Saja?

Perum Perindo Komitmen Jalankan 5 Pilar Usaha di HUT-31, Apa Saja?
Ilustrasi Perum Perindo (Sumber: dok. Perindo)

Perum Perindo berkomitmen untuk terus menjalankan strategi bisnis sesuai dengan visi misi Kementerian BUMN. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Utama Perindo, Fatah Setiawan Topobroto bertepatan dengan hari ulang tahun ke 31, Rabu 20 Januari 2021.

"Di usia 31 tahun ini, Perum Perindo akan terus menjalankan strategi bisnis perusahaan melalui 5 pilar yang mengacu pada visi misi Kementerian BUMN," ungkapnya dalam keterangan resmi perusahaan.

Adapun lima pilar yang dimaksud yakni nilai ekonomi dan sosial, inovasi model bisnis, digitalisasi, investasi dan pengembangan talenta. 

Untuk pilar pertama, Perum Perindo akan memperluas lahan/jumlah mitra kemitraan dan peningkatan kuantitas dan kualitas Budidaya dari 551 mitra pada tahun 2020 menjadi 1750 mitra. Perum Perindo juga meningkatkan jaringan nelayan melalui kolaborasi dengan nelayan / koperasi nelayan. 

“Hal ini untuk meningkatkan volume produksi penyerapan ikan dari 5.143 ton tahun 2020 menjadi 12.917 ton di tahun 2021," terang Fatah.

Pada pilar Inovasi Model Bisnis, Perum Perindo akan melakukan pengembangan agribisnis terintegrasi untuk agribisnis ikan. Beberapa di antaranya adalah pabrik pakan, perikanan tangkap, manajemen pelabuhan, kerja sama dengan Instansi maupun Pemerintah Daerah. 

Terkait inovasi, perseroan akan menjalankannya dalam rangka transformasi menuju pengholdingan BUMN Perikanan. Selanjutnya, untuk digitalisasi Perum Perindo akan menerapkan beberapa program strategis. BUMN tersebut memanfaatkan teknologi Informasi yang terintegrasi untuk seluruh proses bisnis perikanan.

Salah satunya penerapan CMS (Cash Management System) pada setiap transaksi bisnis perikanan. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi adanya praktik fraud keuangan Dilingkungan Perum Perindo. 

Mengenai pilar Peningkatan Investasi, Perum Perindo juga berencana revitalisasi beberapa Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dan Unit Pengelolaan Ikan (UPI). Hal itu dilakukan sebagai upaya perolehan sertifikasi HACCP A untuk peningkatan ekspor. 

Terakhir, Perum Perindo juga kerap melakukan pengembangan SDM milenial sebagai bagian dari pilar Pengembangan Talenta. 

Baca juga: Cegah Penyebaran Virus Corona, Perum Perindo Jual Ikan Lewat Blanja.com