Perum Jamkrindo dan PNM Tingkatkan Ekonomi Mikro

Perum Jamkrindo dan PNM Tingkatkan Ekonomi Mikro
Sinergi Perum Jamkrindo dan PNM Tingkatkan Ekonomi Mikro/Sumber: Jamkrindo

Perum Jaminan Kredit Indonesia atau Perum Jamkrindo bersama PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM memperpanjang kerja sama penjaminan kredit super mikro produk PNM Mekaar (Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera) sampai dengan tahun 2022.

Direktur Utama Perum Jamkrindo, Randi Anto menjelaskan, sejak tahun 2010, Perum Jamkrindo dan PNM telah bersinergi, di mana Perum Jamkrindo memberikan jaminan kredit produk PNM ULaMM (Unit Layanan Modal Mikro) kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah.

"Perum Jamkrindo dan PNM melanjutkan kerja sama melalui penjaminan kredit dari produk PNM Mekaar sejak tahun 2016 yang memberikan dampak pada perekonomian di masyarakat," kata Randi dalam keterangan resmi, Selasa 30 April 2019.

Menurut Randi Anto, kerja sama kedua perusahaan BUMN ini menjadi realisasi sinergi yang diamanatkan oleh Kementerian BUMN.

Baca juga: Meningkat 172%, PNM Berhasil Salurkan Pembiayaan Sebesar Rp6,2 Triliun

Selain memberi manfaat kepada masing-masing perusahaan karena volume bisnis akan meningkat, kerja sama tersebut juga secara langsung akan meningkatkan perekonomian di masyarakat.

“Kami berharap, dengan pemberian kredit super mikro dan penjaminan, makin banyak ibu-ibu rumah tangga yang membuka usaha produktif,” jelasnya.

Lebih lanjut, Randi Anto menambahkan, sinergi PNM dengan Perum Jamkrindo telah berjalan dengan baik selama 10 tahun terakhir. Dengan adanya perkuatan sinergi ini, diharapkan dapat memberikan manfaat pada kemajuan perekonomian pelaku usaha super mikro, mikro, kecil, dan menengah.

"Melalui PNM sebagai lembaga pembiayaan dan pendampingan usaha dan Perum Jamkrindo sebagai penjamin program ULaMM dan PNM Mekaar," ungkapnya.

Sebagai informasi, PNM Mekaar merupakan produk pembiayaan usaha kepada perempuan prasejahtera pelaku usaha super mikro dengan plafon pinjaman sebesar Rp2 juta hingga Rp5 juta.

Sejak tahun 2016 hingga 2018, volume penjaminan produk PNM Mekaar oleh Perum Jamkrindo telah mencapai Rp13,8 triliun.

Baca juga: Jamkrindo Catat Volume Penjaminan Rp126 Triliun