Pertumbuhan Kredit Tembus 37% di Semester I-2019, Kinerja Bank Mantap Kian Mantap

Pertumbuhan Kredit Tembus 37% di Semester I-2019, Kinerja Bank Mantap Kian Mantap
RUPS Luar Biasa Bank Mantap/Sumber: Bank Mantap

Semester I/2019, PT Bank Mandiri Taspen (Bank Mantap) mencatat pertumbuhan kredit dua digit 37.6 persen yang didukung dari segmen pensiunan.

“Hingga Juni 2019, kinerja Bank Mantap masih on-track dengan rencana kami. Kredit Bank Mantap sebesar Rp17,82 triliun atau tumbuh 37,6 persen secara year on year,” jelas Direktur Bisnis Bank Mantap Nurkholis Wahyudi dalam keterangan resmi, Kamis (4/7).

Menurut Nurkholis Wahyudi, pertumbuhan kredit pun didukung dengan pertumbuhan pendanaan, baik yang berasal dari dana pihak ketiga (DPK) maupun dari penerbitan surat berharga.

Sedangkan untuk realisasi penghimpunan DPK hingga Juni 2019 mencapai Rp18,63 triliun atau tumbuh 51,8 persen dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu.

“Posisi loan to funding ratio [LFR] kami pada bulan Juni ini berada pada posisi 87,97%, turun 5,11% (YoY). Pertumbuhan DPK Bank Mantap tetap on track,” ungkapnya.

Baca juga: Kinerja Kinclong, Taspen Bukukan Laba Rp271 M

Oleh karena itu, untuk mendukung pencapaian target pembiayaan, perseroan memiliki rencana aksi korporasi, seperti emisi obligasi. Rencananya, penawaran obligasi berkelanjutan akan dilakukan pada semester II/2019 dengan target dana sekitar Rp1 triliun-Rp2 triliun.

“Adapun rencana untuk tingkat kuponnya, akan disesuaikan dengan tren yang ada di pasar,” tambahnya.

Perlu diketahui, pada semester I/2019 lalu, Bank Mantap telah lebih dulu menerbitkan sertifikat deposito (negotiable certificate of deposit/ NCD) II Bank Mandiri Taspen 2019.

Adapun total dana wholesale yang dihimpun pada saat itu mencapai Rp1 triliun dari target semula sebesar Rp500 miliar.

Selain itu, Bank Mantap juga tengah mempersiapkan penyaluran produk baru yakni KUR mikro sambil menunggu implementasi produk KUR khusus pensiunan sambil menanti pengumuman resmi dari pihak pemerintah.

“Kami optimis untuk segera menyalurkan KUR yang memang sangat in-line dengan inisiatif Bank Mantap yakni Wira Usaha Mantap Sejahtera (WMS) yang fokus kepada pemberdayaan Purnabakti melalui pendampingan usaha,” pungkasnya.

Baca juga: Bank Mandiri-Taspen Bidik Pertumbuhan Kredit 40 Persen