Pertamina Siap Ekspansi Jadi Produsen Baterai Lithium

Pertamina Siap Ekspansi Jadi Produsen Baterai Lithium
SVP Research and Technology Center Pertamina Herutama Trikoranto memberikan paparan. Dokumentasi: Pertamina

PT Pertamina (Persero) selalu mencari celah untuk tetap menjadi garda terdepan dalam pemenuhan kebutuhan energi nasional. Kali ini, perusahaan plat merah tersebut melirik bisnis baterai lithium untuk kendaraan bermotor. Tak tanggung, ia siap menjadi pionir di Indonesia

“Ini bertujuan untuk mendukung renewable energy sebagai sumber energi utama,” kata SVP Research and Technology Center Pertamina Herutama Trikoranto, 29 November 2018.

Pertamina melihat ke depannya, energi listrik akan berkembang seiring dengan banyaknya bermunculan alternatif energi. Salah satunya energi listrik akan digunakan untuk kendaraan listrik, ujar Herutama.

Pertamina sebagai perusahaan energi telah melakukan persiapan dan bertransformasi untuk menjalankan bisnis energi yang baru ini. Saat ini Pertamina bekerja sama dengan sejumlah lembaga riset untuk menjawab tantangan industri baterai salah satunya pada peningkatan kapasitas battery lithium ion dan peningkatan aspek keamanannya. 

“Pertamina juga telah menyampaikan komitmennya untuk mengembangkan battery energy storage, dan punya keinginan untuk menjalin strategic partner yang bisa menginisiasi bisnis ini di Indonesia,” tegasnya.

Pertamina telah menyiapkan pilot project Green Energy Station, atau stasiun pengisian baterai umum yang akan melayani masyarakat. Selain itu outlet retail Pertamina juga akan melayani pengisian bahan baterai.