Pertamina, PLN Ikut Bersihkan Ciliwung Pecahkan Rekor MURI

Pertamina, PLN Ikut Bersihkan Ciliwung Pecahkan Rekor MURI
Pertamina dan PLN ikut membersihkan Sungai Ciliwung untuk membecahkan rekor MURI. (Sumber: PLN)

PT Pertamina (Persero) dan PT PLN (Persero) ikut mendukung kegiatan Bebersih Ciliwung. Acara yang diprakarsai Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI ini berhasil membersihkan sungai sepanjang 69,3 kilometer dengan total partisipan di atas 8.000 orang. Akibatnya aksi tersebut berhasil memecahkan rekor MURI.

Menurut PLN, kondisi DAS berpengaruh pada PLN mengingat perusahaan pelat merah ini membutuhkan air bersih untuk mengerakkan turbin pembangkit listrik yang berasal dari air. 

"Sehingga semakin banyak DAS yang bersih hal tersebut dapat berpengaruh bagi PLN untuk bisa menghasilkan energi bersih yang berdampak pada lingkungan," ujar Executive Vice President Health, Safety, Security, and Environment PLN Antonius RT Artono.

Antonius menambahkan PLN siap untuk bersinergi dengan seluruh pihak untuk berperan aktif dalam kegiatan menjaga lingkungan. Salah satunya mengenai permasalahan sampah tengah menjadi isu global khususnya sampah plastik yang dibuang ke laut, termasuk impor sampah plastik dari negara-negara maju ke negara berkembang salah satunya Indonesia. 

Baca juga: Pertamina-Saudi Aramco Sepakat Bangun Kilang Cilacap

"PLN membuka diri dan siap mendukung pihak-pihak lain seperti masyarakat, pemerintah serta komunitas dalam kegiatan menjaga lingkungan melalui PLN Peduli. Permasalahan lingkungan ini bukan hanya untuk satu pihak saja tetapi perlu kita lakukan sinergi bersama agar bisa terwujud lingkungan yang bersih," ujar Antonius.

Sementara Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menyatakan, sebagai BUMN migas, Pertamina sangat peduli terhadap pelestarian lingkungan dan menjadi bagian tak terpisahkan dari operasional perusahaan. 

“Pertamina sangat mendukung program Bebersih Ciliwung yang merupakan sungai terpenting di wilayah Jawa bagian barat. Inilah salah satu bentuk kepedulian Pertamina dalam pelestarian lingkungan hidup,” ujar Fajriyah.

Baca juga: PLN Perkuat Keandalan Listrik Jawa Bali Lewat PLTGU Jawa 2